Tata Cara Pemilu 2009 : Tandai Sekali Saja!


Pemilu yang diadakan pada tanggal 9 April 2009, dimulai dari pukul 09.00 – 12.00 WIB. Ternyata mengalami perubahan teknis dalam pemberian suara dari dicoblos menjadi dicentang (√).

Menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 03 Tahun 2009 tentang pedoman teknis pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara dalam pemilihan umum anggota DPRD Perwakilan Daerah, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2009 sebagaimana diubah dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2009 pada Pasal 3 Ayat (5) yaitu:

“Untuk dapat dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan di TPS lain, seseorang harus menunjukkan bukti identitas diri dan bukti yang bersangkutan telah terdaftar sebagai pemilih dalam daftar pemilih tetap di TPS asal, dengan membawa formulir Model A5 yang ditandatangani oleh KPU Kabupaten/Kota/PPK/PPS/KPPS disertai bukti-bukti tertulis yang menerangkan keadaan tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (3).”

Dan pada Pasal 40 Ayat (1):

Suara pada surat suara Pemilu anggota DPR/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/Kota,

dinyatakan sah apabila :

  1. surat suara ditandatangani oleh Ketua KPPS;
  2. bentuk pemberian tanda adalah tanda centang (√) atau sebutan lainnya;
  3. pemberian tanda sebagaimana dimaksud pada huruf b, dilakukan hanya satu kali pada kolom nama partai termasuk tanda gambar dan nomor urut partai politik atau kolom nomor urut calon atau kolom nama calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. (Lihat Gambar 1, Gambar 2 dan Gambar 3)
  4. sudut tanda centang (√) atau sebutan lainnya terdapat di dalam kolom nama partai politik, walaupun ujung garis tanda centang (√) melewati garis kolom nama partai politik; atau (Lihat Gambar 4)
  5. sudut tanda centang (√) atau sebutan lainnya terdapat pada kolom nomor urut calon atau kolom nama calon, tetapi bagian akhir garis tanda centang (√) atau sebutan lainnya melampaui kolom nomor urut calon atau kolom nama calon. (Lihat Gambar 5)

Dilanjutkan dengan Pasal 40 Ayat (2):

Suara pada surat suara Pemilu anggota DPD, dinyatakan sah apabila:

  1. surat suara ditandatangani oleh Ketua KPPS; dan
  2. bentuk pemberian tanda adalah tanda centang (√) atau sebutan lainnya;
  3. pemberian tanda sebagaimana dimaksud pada huruf b, dilakukan hanya satu kali pada kolom yang memuat nomor urut, foto, dan nama salah satu calon Anggota DPD. (Lihat Gambar 6)
  4. sudut tanda centang (√) atau sebutan lainnya terdapat pada dalam kolom yang memuat nomor urut, foto, dan nama salah satu calon Anggota DPD, walaupun ujung garis tanda centang (√) atau sebutan lain melewati garis kolom yang memuat nomor urut, foto, dan nama salah satu calon Anggota DPD yang bersangkutan.

Hindari membuat surat suaramu menjadi tidak sah karena menandai lebih dari satu kali. (Lihat Gambar 7)

Bagi pemilih pemula, saya akan jabarkan tata cara pemilihan umum tahun 2009:

Pertama masuk ke area TPS (Tempat Pemungutan Suara). Catat kehadiranmu dan ambil nomor antrian pemilih. Kemudian duduk di kursi yang telah disediakan dan tunggu hingga namamu dipanggil. Setelah namamu dipanggil, datang ke meja Ketua KPPS & Anggota untuk mengambil kertas suara dan segeralah ke box tempat pemberian suara dan tandai pilihanmu. Jika sudah selesai, masukkan kertas suara ke dalam box yang telah disediakan. Terakhir celupkan jari ke tinta di meja dekat pintu keluar untuk menandai bahwa sudah memberikan suara.

Sebagai visualnya, lihat Gambar 8.

Mari kita sukseskan pemilu 2009 dan gunakan hak pilihmu dengan cerdas!

Luangkan 5 menit untuk 5 tahun. Terima Kasih.

Salam Sayang,

Mew da Vinci a.k.a Lutfia Insani

About these ads

One response to “Tata Cara Pemilu 2009 : Tandai Sekali Saja!

  1. aku gadis perkenalkan saya.

Jangan malu-malu ngasih tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s