Memandang Islam Dari Mata Syekh Siti Jenar


Dahulu kala, di tanah Jawa, Kerajaan Demak Bintoro, saat itu berkuasalah Raden Patah atau dikenal juga sebagai Jin Bun, dimana sang raja merupakan keturunan Raja Majapahit Brawijaya V. Dikisahkan secara turun temurun, Raden Patah meruntuhkan kekuasaan Majapahit, kemudian mendirikan kerajaan Demak Bintoro. Kemasyuran nama Wali Songo dianggap sebagai penopang kekuasaan Demak Bintoro. Hingga akhirnya, kelanggengan ajaran-ajaran para sunan terusik oleh kearifan Syekh Siti Jenar dalam memahami islam. Maka, dari sinilah semuanya berkisah.

Dikisahkan oleh para pengikut setia Wali Songo, bahwa Syekh Siti Jenar dianggap menyimpang dari pemahaman islam yang hakiki sejak ia menyebarkan istilah “manunggaling kawulo lan Gusti” yaitu, “bersatunya manusia dengan Allah”. Pada zaman itu, pemahaman Syekh Siti Jenar bertolak belakang dengan ajaran Wali Songo, dimana para sunan mengajarkan bahwa Allah adalah zat Maha Hakiki dan Maha Murni, yang tidak dapat disamakan bahkan dibaurkan dengan zat lainnya. Wali Songo menganggap bahwa, ini bukan pertama kalinya Syekh Siti Jenar menyebarkan dakwah sesat.

Pernah suatu hari, dalam dakwah sang syekh, ia mengatakan bahwa, “semua manusia yang hidup di bumi ini adalah mayat. Semua hal yang dilakukan di bumi Allah ini adalah kesia-siaan belaka, karena kehidupan yang sesungguhnya dimulai setelah manusia tersebut menghadap kepada Allah.”

Akibat pernyataan Syekh Siti Jenar tersebut, kerajaan Demak Bintoro sempat digegerkan oleh meningkatnya maksiat. Syekh Siti Jenar pun mengutus salah satu muridnya untuk memanggil para pelaku maksiat tersebut. Ditanyainya satu per satu tentang alasan mereka membunuh, merampok, memperkosa, dan melakukan kemaksiatan lainnya.

Jelaslah sekarang, bahwa mereka melakukan hal tersebut semata-mata karena baik dosa maupun pahala di dunia ini adalah tidak bernilai. Dengan lembut dan penuh ketegasan Syekh Siti Jenar menuturkan pemahaman sebenarnya pada dakwah tempo hari. Dikatakannya, “kita semua ini memanglah mayat, dan kehidupan yang hakiki bermula setelah Sang Kholik mengambil kembali ruh kita. Namun, kita perlu membawa bekal untuk hidup di sana. Bekal tersebut adalah amal dan ibadah.” Dilanjutkannya lagi, “Maka beribadahlah kalian dengan khidmat, semata-mata karena kecintaanmu kepada Sang Kholik.”

Semenjak Syekh Siti Jenar meluruskan pemahaman para pengikutnya yang keliru tersebut, maka keteraturan di kerajaan Demak Bintoro pun mulai kembali. Akan tetapi, kecemasan para sunan semakin bertambah tatkala melihat padepokan Syekh Siti Jenar semakin ramai. Mereka tidak hanya kuatir terjadinya penyimpangan ilmu agama akibat sang syekh, melainkan juga kuatir akan terjadi perpecahan antar sesama umat islam.

Para sunan pun mendiskusikan cara menghentikan penyebarluasan ajaran Syekh Siti Jenar. Timbullah ide untuk melibatkan kekuasaan Raden Patah. Wali Songo menghadap sang Raja Demak Bintoro, “wahai pemegang tahta kerajaan Demak Bintoro, Raden Patah. Sudah sampaikah ketelinga anda kisah Syekh Siti Jenar yang sesat dan dapat membahayakan keselamatan kerajaan Demak Bintoro, berserta rakyatnya?”

Wali Songo mulai menuturkan kisah penyebaran ajaran Syekh Siti Jenar. Akibatnya, Raden Patah jadi tergelitik hatinya untuk bertemu dengan Syekh Siti Jenar dan menyetujui usulan untuk merobohkan padepokan Syekh Siti Jenar hingga ke titik nadir. Maka, diutuslah Syekh Dumbo dan Pangeran Bayat untuk membawa Syekh Siti Jenar menghadap Raden Patah. Tapi, ia menolak permintaan sang raja.

Syekh Dumbo dan Pangeran Bayat pun pulang tanpa Syekh Siti Jenar. Hal ini membuat Syekh Maulana Maghribi mengutus lima wali terkuat yaitu, Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Geseng, dan Pangeran Modang, untuk membawa Syekh Siti Jenar ke istana Demak Bintoro baik hidup maupun mati. Dan, berangkatlah ke lima wali tersebut menemui Syekh Siti Jenar di padepokannya.

Sesampainya di sana, para wali meminta sang syekh untuk menghadap Raden Patah. Dan lagi-lagi, Syekh Siti Jenar bersikukuh pada pendiriannya.

“Kalau begitu,” ujar Sunan Kalijaga, “aku terpaksa membawamu dengan tanganku sendiri.”

“Silakan,” Syekh Siti Jenar tersenyum ke arah Sunan Kalijaga, “cobalah semampumu.”

Dimulailah pertarungan ilmu kanuragan Sunan Kalijaga melawan Syekh Siti Jenar. Dan hasilnya, Sunan Kalijaga, yang saat itu merupakan sunan tersakti dan memiliki keilmuan tertinggi di antara jajaran para wali, tidak dapat mengalahkan Syekh Siti Jenar. Ia pun mengakui, “aku sudah tidak sanggup melanjutkan pertarungan ini denganmu, kemampuanmu berada lima tingkat di atasku. Jika pertarungan ini tetap dilanjutkan, maka aku akan mati di padepokanmu ini.”

“Sudah.” Syekh Siti Jenar pun berdiri dari tempatnya bersila, “tidak perlu ada pertumpahan darah. Sesungguhnya, kematian tidaklah semenyakitkan seperti apa yang semua orang duga selama ini.” Syekh Siti Jenar berjalan mendekati Sunan Kalijaga, “aku tidak akan menghadap Raden Patah, tapi aku juga tidak akan membiarkan terjadi pertumpahan darah antar sesama umat muslim.” Lanjutnya lagi, “biar aku tunjukkan kepadamu, kematian yang tidak ubahnya seperti engkau beranjak tidur.”

Di hadapan ke lima wali dan ke empat muridnya, Syekh Siti Jenar meletakkan satu jarinya di lekukan hidung dan di antara kedua mata, dan satu jari lagi di tengkuk. Tidak sampai sekejab mata, tubuh Syekh Siti Jenar ambruk dan meninggal dunia.

Tidak terbayang kesedihan ke empat murid Syekh Siti Jenar saat itu, sehingga mereka pun mengikuti kepergian gurunya dengan cara yang sama, seperti yang dilakukan Syekh Siti Jenar.

Ke lima wali tercengang atas tindakan bunuh diri yang dilakukan Syekh Siti Jenar dan ke empat muridnya. Namun, mengingat perintah Syekh Maulana Maghribi untuk membawa Syekh Siti Jenar ke Istana Demak Bintoro, maka ke lima wali menopang jasad sang syekh beserta ke empat muridnya tersebut.

Sesampainya di sana, Wali Songo berembuk, “mau diapakan jasad mereka sekarang?”

“Ya sudah, kita pikirkan saja nanti.” Ujar salah satu wali, “lebih baik sekarang kita solati dulu mereka sesuai tata cara islam.”

Jasad Syekh Siti Jenar dan ke empat muridnya dimandikan, kemudian disolatkan sesuai tata cara islam. Setelahnya, para wali kembali berunding, hingga muncullah ide dari salah satu sunan untuk menggantung mayat Syekh Siti Jenar di alun-alun kota, agar para pengikut ajaran sang syekh kembali ke ajaran Wali Songo.

Namun, tatkala malam tiba, terciumlah harum kesturi dari jasad Syekh Siti Jenar. Maka terkagumlah semua orang yang ada di ruangan tersebut, termasuk Wali Songo. Jasad sang syekh pun berkilauan bagai pualam.

“Kalau bukan karena umat Allah yang sepanjang hidup diridhai dan dicintai oleh-Nya, jasadnya tidak akan seharum dan semenakjubkan ini.”

Semakin cemaslah Wali Songo atas peristiwa tersebut. Jika kabar ini sampai tersiar ke telinga pada penganut ajaran Syekh Siti Jenar, maka semakin kuatlah keyakinan mereka dan itu pula artinya, penganut ajaran Syekh Siti Jenar akan terus bertambah.

Entah ide dari mana, salah satu orang di ruangan itu mengusulkan untuk menukar jasad Syekh Siti Jenar yang akan digantung di alun-alun kota dengan mayat anjing yang paling kudisan, paling kurus, serta paling buruk hidup dan matinya, sedangkan jasad Syekh Siti Jenar dikuburkan di bawah mimbar Mesjid Demak.

Keesokan harinya, masyarakat kerajaan Demak Bintoro berkumpul di alun-alun, menyaksikan mayat anjing tergantung di pohon beringin besar dengan papan bergantung di leher, bertuliskan:

Inilah jasad Syekh Siti Jenar, yang menyimpang dari ajaran Allah.

Maka, demikianlah kisah Syekh Siti Jenar sesuai buku “Serat Syekh Siti Jenar” yang bertajuk “Islam Jawa”.


Didedikasikan untuk Robertus Bernadi Prihantoro, dalam brainstorming kilat senin malam lalu, 17 Desember 2012.
Terima kasih.

120 responses to “Memandang Islam Dari Mata Syekh Siti Jenar

  1. kok bisa gitu ya. misteri Ilahi.

  2. aduh…………bagaimana ini?

  3. sejarah selalu ditulis berpihak pada sang penguasa :P

  4. sejarah yang dibuat2, tulisannya pun tidak ada sumber yang jelas… sebenarnya tujuan penulis apa, nampaknya hanya untuk memecahbelah umat

  5. saya percaya klo ajaran beliau tak sesat……….karna beliau menggunakan ilmu tarikat yg tak di ketahui org awam…………..

    • benar itu ajaran yg bernama manunggaling kawulo gusti berbahaya untuk orang biasa seperti kita dan ajaran syekh siti jenar tdk berbahaya buatnya

  6. ssungguhnya hanya allah yg mengetahui ssat apa tidak seh sitijenar, ttapi apabila dia benar sungguh allah mnjadikan dia hmba yg mati syahid, tp apabila dia sesat, sungguh malang matinya sbagai kafir.

  7. Tulisan yg dikit ngawur…sok tahu…

  8. di cerita tsb. disebutkan bahwa seh siti jenar mati bunuh diri.. padahal bunuh diri itu dilarang dalam islam. dan balasannya adalah neraka yang abadi..

  9. Tergantung siapa yg nulis….☺
    Kembali kpd qt utk meyakininya….serahkan smuanya kpd اَللّهُ
    Hehehehe….

  10. di dedikasikan untuk robertus ? bukanya robertus itu nama baptis , hati hati ne kayanya ini black sugestion biar yang baca ikut sesat, kesannya kaya wali songo tu ga mau kalah pamor , ini cerita ngawur jangan dipercaya…

  11. cerita ente ngawur gan, emangnya ente hidup di zaman wali songo dan syekh siti jenar :D mereka itu para wali, para kekasih Allar, sulit bagi orang awam menafsirkan makna2 diskusi antara para wali Allah. intinya belajarnya dengan bertahap, jangan instan :D

  12. *para kekasih Allah

  13. he he.he.he. gitu aja kok repot…….

  14. Saya pikir Syekh Siti Jenar itu tidak menyimpang, hanya saja para kaum jahil yang salah mengartikan setiap ucapan yang beliau katakan.
    Masih ingat kan cerita Nabi khidir AS kepada Nabi Musa AS?
    Dan Kisah Abu Nawas?
    Mereka adalah kekasih Allah yang dikaruniai ilmu yang tidak dapat di nalarkan oleh fikiran manusia biasa.

  15. Saya percaya kalau aliran syeh siti jenar itu tdk sesat.krna menurut cerita guru spiritual saya bahwa syeh siti jenar itu tingkatanya diatas wali.sehingga manusia byasa tdk akan paham dn mengerti apa yg di pikirkan syeh siti jenar.sperti syeh siti jenar mengatakan bahwa dia adalah tuhan.sbenarnya bukan begitu melainkan tidak ada sesuatu yg berdiri sendiri. semua itu adalah krna Allah.

    • MohNoor Al-banjary

      ma’af ya,….jangan silap,syaikh siti jenar tidak pernah mengaku diri nya Tuhan sepertimana fir’aun……perlu dicermati.

  16. Ini crita di buat2,krn tdk mungkn seorang wali brperilaku seperti itu,masa kematian yg sngt indah di sembunyikan malah di gantikan sm mayat anjing kudis,namax seorang wali adalah orang yg dkt sm Allah,mk sekalipun (A) itu pahit mk ia mengatakan (A)

  17. @amar & iqbal: Bukan cerita sesat memang seperti itu kisah syekh siti jenar yang sebenarnya. Para wali khawatir karena manusia awam belum sampai pada tingkatan ilmu syekh siti jenar, para wali khawatir kalau ini di ajarkan ke manusia awam bisa menyebabkan kemusyrikan. Bukan syekhnya yang salah, tetapi kekhawatiran para wali pada waktu itu, karena masyarakat pada zaman itu sedang dalam masa transisi keyakinan. Coba Baca pada serat syekh siti jenar dan sumber dari ulama” salafi. Anda akan mengerti sejarah dan kisah syekh siti jenar.

  18. Para Wali ndak ada yang nganggep Syekh Siti Jenar sesat.
    Setahu saya malah Syekh Siti Jenar itu temen deket sm Sunan Kalijaga. Jadi menurut saya mereka bertarung itu dibuat2.
    Cz mereka tunggal guru, Sunan Bonang.

  19. Sudahlah jgn prdebatkn sjarah, smua pnya pndapatx sndiri, ambil postifx n buang negatifx agr kita tdk terpech blah. Smakin kita brdebt mka smakin kita trjerumus pd kemungkaran. Lbih baik kita berbagi pngetahuan n pngalaman spiritual kita.

  20. laa ya’riful waali illal wali…

  21. Syekh Siti Jenar……..adalah Benar, Atas Ridho Allah, Pemahaman Ilmu Islam yang tertinggi telah di turunkan Allah yaitu Ma’rifatulloh kepada Syekh Siti Jenar.

  22. dadi siti jenar itu keturunan nabi muhamad,itu hanya karangan misionaris aj

    ga ada yg tak mungkin

  23. YANG TAU WALI HANYA WALI

  24. Trlalu byk crt tntg sheh siti jenr tp salah satunya brbeda,yg jls sheh siti adalah wali allah.dn wali 9 adlh wali allah semuanya mempunyai tujuaan yg sama cmn jlny yg beda,kita hanya bs mmbaca dn mnls tp sdh pndai mengatakn sesat.seandainya mereka tau mk tdk mgkn brkt bgt.

  25. ibarat buah kelapa, syariat adalah sambuknya, torikot adalah batoknya, hakikat adalah kelapanya sedangkan marifat adalah rasanya,

  26. Jika ingin tahu WALI, ya harus sama ILMU WALI…

  27. ahmad_sahroni72@yahoo.co.id

    Ajaran Syech siti jenar…sangat brmakna,hakekat ssungguhnya hidup,kami sangat trtarik ajarannya.

  28. ahmad_sahroni72@yahoo.co.id

    hakekat ajaran beliau adalah kembali pd diri sendiri, siapa diri kita ini, coba brtanya,” knp Muhammad ( sblum jadi nabi ) merenung di Gua Hiro,bgitu juga dgn Syeh Abdul Qodir al jaelani…,tdk menutup kmungkinan dgn Syeh siti jenar juga demikian….

  29. apah amanat dari crita beliau

  30. Yang nulis hebat,loq ente di tempet sabung ayam mantep tuh cz bsa jd pekembar (tukang adu),karena bisa memecah belah islam.

    Masih ada juga yah makhluk seperti ini.
    Nyalon ja jd dpr bro biar banyak yang dukung. !!

    Mau blang syeh siti jenar sesat ya terserah loq q g berani , penulis kayak orang sudah ikut gotongroyong bangun surga ja brani memfonis orang lain.

    G sah bri salam dah.

  31. mungkin ajaran siti jenar benar tpi kalah kuasa walisongo+raden patah..akibatnya ya punah alias mati..itulah dunia

  32. kelihatan sesat kalau dilihat dari sudut syariat
    biasa aja kau dilihat dengan sudut tarikat
    coba pahami hakikatnya … mudah2an kelihatan makrifatnya

  33. Bagi saya sudah cukup jelas bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan Rukun Islam dan Rukun Iman. Iblis punya kemampuan untuk melakukan apa saja demi membuat manusia menjadi sesat dan itu di ijinkan oleh Allah SWT.Nabi Musa as saja tidak sanggup melihat Allah SWT, siti jenar kok bisa-bisanya ngaku Allah ? Ajaran ini jelas sesat menurut saya. Kalau Allah SWT bisa masuk ke dalam raga manusia itu artinya Yesus benar adalah Allah. Kalau kalian percaya siti jenar, artinya kalian juga percaya dengan yesus ciptaan Paus. Karena ada kesamaan dalam ajaran Paus dan siti jenar. sama2 mengaku bahwa Allah ada dalam diriku. Islam itu akal, jangan hanya karena siti jenar dapat mengalahkan wali songo lalu kita berfikir siti jenar-lah yg benar. Allah SWT punya cara yg kita tidak bisa duga sama sekali. Kita percaya dengan malaikat. untuk apa Allah SWT turun atau masuk kedalam tubuh manusia sementara Allah SWT punya malaikat untuk melaksanakan perintahNYA…? Sebagaimana malaikat memasukkan roh kudus kepada perawan maria begitu dengan hal2 yg tidak masuk dalam akal pikiran kita. Semua bisa menjadi hebat dengan ilmu masing2, entah di dapatkan dari mana, hanya bersangkutan dengan Allah SWT yg tahu. namun setiap ajaran yg hebat jika sudah lari dalam rukun iman dan rukun islam, saya jamin itu pasti ajaran yg sesat. Ingat Iblis punya kemampuan yg gaib dan Yahudi punya kemampuan yang nyata. kalau kalian percaya pada ajaran siti jenar berarti kalian sudah tidak mengakui nabi Muhammad SAW. Kalau kalian sudah tidak mengakui Nabi Muhammad SAW, maka kalian bukan lagi muslim. itu intinya. Ingat, TIADA TUHAN SELAIN ALLAH, DAN NABI MUHAMMAD SAW ADALAH RASULNYA. SIAPA SITI JENAR YG MENGAKU DIRINYA TUHAN? MUNGKIN SITI JENAR ADALAH SEPUPUNYA YESUS. AJARANNYA SAMA DAN PASTI BAIK YESUS DAN SITI JENAR ADALAH CIPTAAN IBLIS DAN YAHUDI.

    • Pemikiran yang dangkal ……. baru tau kulit’y saja sdh ngomong pnjang lebar ,, Gk sadar kalo Islam’y sekedar ngekor bangsa Arab. Perdalam sejarah bangsa sendiri bila tak ingin kehilangan jati diri !!!!

  34. Membaca blog anda saya jd brpkir. Sbnarnya ada masalah apa antara wali songo dan syah siti jenar. Siapa yg salah?? Apa ada yg salah?? Tp bnyk keterangan2 ttg crita syah lemah abang it lain2 versi.

  35. sebenarnya pemahamanmu yang salah kalo betul2 kamu pahami dengan ilmu, makna yang tersirat bahwa SITI JENAR mengatakan dirinya adalah tuhan bukan itu makna sesungguhnya melainkan seberapa jauh pengenalan dirimu atas dirimu “MAN ARAFA NAFSAHU FAKAD ARAFA RABBAHU” “Barang siapa mengenal dirinya maka ia akan mengenal Allah Tuhannya” ,,kalo pendapatmu seperti itu sesungguhnya tidak ada yang salah juga bahwa pengenalan akan dirimu hanya sebatas itu (syariat) jadi sebenarnya tidak ada yang salah mau di katakan syeh siti jenar itu sesat atw tidak bahwa itulah ukuran kemampuanmu akan tetapi jika kamu sudah mencapai MARIFATULLAH engkau akan tau siapa dirimu sesungguhnya “darimana kau berasal,dimana kau berada,dan kemana kamu akan kembali” dengan sendirinya akan kmu ketahui dimana Allah itu,siapa nabi muhammad itu dan siapa juga siti jenar itu bahkan sebenarnya siapa dirimu sendiri.jika sudah mencapai itu insyaallah kamu akan sangat ketakutan melakukan dosa sedikitpun.

  36. ƍäªɑ̤̥̈̊ jelas & ƍäªɑ̤̥̈̊ bisa di percaya,,,cerita di atas secara tdk langsung menjelek”an para Waliyulloh. Baik Wali Songo maupun Syech Siti Jenar mereka semua itu para kekasih اللّهُ. Utk para pembaca jgn pada langsung percaya Ɣǻǻ,,, sama cerita/tulisan di atas. Menganggap Syech Siti Jenar sesat,padahal yg sbenarnya Sesat dan menyesatkan adalah yg menulis cerita di atas.

  37. Syekh Siti Jenar tidak pernah menyebut dirinya sebagai Tuhan. Arti dari Manunggaling Kawula Gusti dianggap bukan bercampurnya Tuhan dengan makhluk-Nya, melainkan bahwa Sang Pencipta adalah tempat kembali semua makhluk dan dengan kembali kepada Tuhannya, MANUSIA TELAH BERSATU DENGAN TUHANNYA.

    Manunggaling Kawula Gusti bermakna bahwa di dalam diri manusia terdapat ROH yang berasal dari ROH TUHAN (ROH ALLAH) sesuai dengan ayat Al-Quran yang menerangkan tentang penciptaan manusia:

    “ Ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah. Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh-Ku, maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya.” Q.S. Shaad: 71-72 ”

    Dengan demikian ROH MANUSIA akan MENYATU DENGAN ROH TUHAN (ROH ALLAH) dikala penyembahan terhadap Tuhan terjadi. Perbedaan penafsiran ayat Al-Qur’an dari para murid Syekh Siti inilah yang menimbulkan polemik bahwa DI DALAM TUBUH MANUSIA BERSEMAYAM ROH TUHAN (ROH ALLAH), yaitu polemik paham MANUNGGALING KAWULO GUSTI..

  38. teori sekh siti jenar bila kita lihat dari sisi sifat ALLAH SWT yg 20,masuk akal.karena sifat yg pertama wujud/nyata

  39. Cuma isu

  40. ya allah knp sich org2 masih ada yg gk percaya dgn cerita ini pdhal cerita ini sangat benar soalnya AYAH.q prnah bercerita malah memahami ajaran syech siti jenar

  41. he he he he setau saya syek siti jenar teman sebangku dengan wali songo, teman sebangku pada waktu andok soto di warung lesehan. lha sekedar cerita punya cerita sama sama tidak tahunya kok geger, kok kejadian yang sudah ratusan tahun berlalu, kejadian yang sekarang ini saja beritanya simpang siur nggak karuan

  42. Wahai Hambah Allah yang bijak !!!!
    Diskusilah dengan cara positif,
    Rasulullah sudah cukup mencontohkan cara yang benar.
    Beliau jika musyawarah dengan sahabatnya terhadap suatu masalah, beliau berkata ini pendapatku atau ini petujuk..
    * Bilamana anda mengetahui menurut didengar (cerita) atau melihat (baca) buku, tidaklah pantas membuat patwa bahwa benar/salah sebab bisa saja salah dan bisa juga benar tetapi yang anda tangkap belum tentu sama dengan maksud yang sebenarnya, kecuali anda mampu memandang tajalliNya dengan pandangan mata Hati dan itupun adalah Sir bagi anda.

  43. Tidak semua manusia itu pintar/pandai dan tidak semua manusia itu bodoh/ tolol bagi yang pintar/ pandai akan dapat mengerti wejangan atau ucapan2 maksud dan tujuan Syekh Siti Jenar tapi bagi yang bodoh alias tolol bagaimana dia akan mengerti….. hanya bisa nya memfitnah dan menjelekannya bahkan jika diikuti ajarannya akan menyimpang dari ajaran yang sebenarnya

  44. Hati-hati kalo menuliskan sejarah, bisa2 jadi fitnah…

  45. Mungkin yang dimaksud di atas bukanlah bunuh diri tApi berserah diri kepada allah, orang yang bisa berserah sepanjang hidupnya layaknya seorang bayi yang baru lahir

  46. penilaian tentang SSJ bagiku adalah..? SSJ hanya sbgai korban kekuasa’an, karna SSJ yg seorang diri berada di pihak kaum jelata yg paling awam dan miskin lahir maupun batin, dikarnakan sedang dalam proses transisi keyakinan dri kykinn lma mnuju kykinn yg baru, sedangkn kaum transisi tsb masih bagian mayoritas pd saat itu. Jd wajar situasi itu tak luput dr peran politik dan kekuasa’an, lantas hal itu di persepsikan sbgai saingan politik terselubung. Shinga mnimbulkan kekhawatiran yg brlebih mengenai adanya peran SSJ dlm menyebarkan keyakinan baru trhdap kaum mayoritas jelata tsb. Kemungkinan sprti itulah barangkali menurut saya. WALLOHU ALAM BISHOWAB.

  47. sebenanya ajaran siti jenar itu benar.semua yang di ajarkannya itu ada dalam Al-Quran.hanya pengetahuan kita yang terbatas saja yang mungkin belum bisa mencerna ajaran beliau dengan baik.
    contoh:Di saat kita menanam keburukan,yang tumbuh juga keburukan.jika kita menanam kebaikan yang tumbuh juga kebaikan.
    oleh karna itu pada saat kita berbuat dosa,kita akan sering merasakan perasaan tidak enak,gelisah,tidak nyaman,suhu tubuh menjadi panas karna emosi yang bergejolak dan sbg.
    pada saat kita berbuat kebaikan,kita akan merasakan ketenangan,kenyaman,ketentraman dan sbg.
    dan itu selalu ada pada kehidupan kita sehari-hari.

    saya setuju jika itu di sebut sebagai syurga dan neraka,karna memang kenyataannya demikian.kebanyakan orang nanafsirkan Al-Quran mawujudkan setiap objek yang di bicarakan dalam Al-Quran.contoh:banyak alim agama yang berfikir…uppsss… kenapa saya sebut alim agama,karna memang kebanyakan orang hanya alim di dalam agama akan tetapi sudah mengaku-ngaku sebagai alim ulama.kalau tidak percaya,coba kalian undang ustad ke mesjid untuk memberikan ceramah/pengajian namun pada saat pulang tidak di kasih duit.pada saat kita mengundang buat ke dua kalinya pasti tidak mau lagi datang.namun ada juga yang ikhlas lilahi ta’ala akan tetapi mungkin itu hanya 1:1000.
    kee lanjut,
    nabi adam dan siti hawa di jatuhkan kebumi,karna memakan buah khuldi.setiap mendengar ceramah saya sering mendengar alim agama membahas tentang buah khuldi.menurut alim agama buah khuldi itu adalah buah yang bewarna hitam/buah jin.padahal sebenarnya di dlm Al-Quran buah khuldi yang di maksud itu bukanlah buah-buahan, melainkan suatu perbuatan yang di larang Allah kepada nabi adam dan siti hawa,namun nabi adam di gelincirkan oleh godaan syaitan dan melanggar larangan tersebut.oleh karna itu nabi adam di jatuhkan ke bumi.

    nah..sekarang kembali kapada pengajaran siti jenar.
    beliau menggambarkan semua ajaran yang ada di dalam Al-Quran ke dalam diri manusia, dengan bentuk pemahaman bathiniah bukan dalam bentuk wujud seperti yang di gambarkan oleh para alim agama.

  48. jangankan di zaman SSJ adanya beda pandangan dalam hal ketauhidan. bahakan pada zaman para sahabat rosulullah pun ada banyak perbedaan walaupun hanya sekedar beda pandangan dalam hal syari,at. apalagi untuk hal yg bersentuhan dgn dzat ALLAH, bahkan untuk menemukan jatidiri kita sbgai manusia pun kita butuh waktu, dan banyak mengandung risiko yg tidak mudah untuk di lalui, dan tidak mudah pula untuk di jalani.

  49. cerita diatas adalah tidak benar karena 1. Wali tidak mungkin akan berbuat bohong dgn mengganti jasad SSJ dengan anjing 2. Jika SSJ mati bunuh diri, tidak mungkin jasadnya harum seperti minyak kasturi dan berkilau seperti pualam.

  50. wkwkwkwk
    kok jadi kmana mana gini

    @yg punya blog.. maap nih, kalo crita yg pernah q dengar pas jaman masih sekolah, gak kayak gitu :D :D

    ada yg bilang konflik siti jenar tuh, karena ajarannya yg katanya aliran tasawuf gitu, yang katanya lagi terlalu cepat a.k.a terlalu dini (set dah, jadi inget sinetron pernikahan dini.. wkwkwkw) untuk masyarakat yg masih baru memeluk islam saat itu, jadinya mreka ngapain aja asal cepet mate dan bukan bunuh diri, karena mendambakan surga (cieee… kata2q), segala cara termasuk dimatiin ma aparat

    ada yg bilang ada bumbu2 politiknya, kalo gk salah kerajaan pajang, antara joko tingkir vs aryo penangsang

    dan masih banyak lagi kayaknya kalo mbaca komen2 yg ada

    kalo aq sih, gk ambil pusing, mo siti jenar yg bener ato wali songo yg bener, gk peduli. :D

    coz maap nih, rukun iman masih 6, belum ada rukun iman ke 7 yg isinya percaya kepada wali songo ato syekh siti jenar

    peace @all

  51. astagfirullah…. ini seperti skenario film2 di indo siar, banyak2 minta ampun buat yg sudah menuliskan tulisan ini. baca ini klo mau tau yang sebenarnya : http://pengumpulhikmah.blogspot.com/2013/02/sejarah-syeh-siti-jenar-yang-sebenarnya.html?m=1

  52. putune mbah marijan

    Yang ingin tau, perlu banyak belajar. Yang sudah tau gk perlu dikoar2kan, yang belum mampu, cukup ikuti hati nuranimu. Yang nggk tau jangan banyak komentar….. hehe

  53. apakah postingan anda ini bisa di pertanggung jawab kan kebenaraanya????

  54. Korban politik…sebenarnya para wali songo juga faham,bahwa pelajaran syeh st jenar:INA LILAHI WA INA ILIHI ROJIUN..data ng dr Allah pulang juga kepadanya

  55. Menurut saya,,,ingat ini cuma menurut saya,,,Siti jenar itu tidak sesat,,tetapi cara pengajarannya saja yang salah,,beliau mengajarkan ilmunya tanpa tahap kepada orang yang awam,,,contohnya begini,,,anak usia 10 tahun yang seharusnya mempelajari pelajaran SD tetapi malah diberi pelajaran SMK,,,pasti mereka akan salah menafsirkan suatu ilmu,,begitu juga saat itu,,,jadi para wali memutuskan untuk menghentikan ajaran syekh siti jenar bukan karena beliau sesat,,,tetapi karena takut ajaran beliau akan disalah tafsirkan para orang awam,,,SEKIAN dan TERIMA KASIH

  56. Sesungguh nya tidak ada yg salah syekh siti jenar dan para wali

  57. manunggaling kawula gusti adalah puncak tertinggi perjalanan rohani yang hanya bisa dilakukan oleh manusia terpilih yang mungkin ada satu sampai sepuluh orang dalam seratus tahun demi Dzat yang maha perkasa sebelum membaca dan menulis tentang siti jenar pahamilah dulu makna manunggaling kawula gusti yang di yakininya bagi kalian yang hanya tunggang tungging mengerjakan syareat tanpa mengenal hakikat tidak akan pernah mengerti makna manunggaling karena makna manunggaling tidak dapat diuraikan kata2 tapi hanya dapat dirasakan dan jika ada yang mengartikan kedalam kata kata orang tersebut telah menjadi seorang pendusta.siti jenar hanya pelaku sama seperti kita yang menjalankan peran dari sang maha pencipta yang alur ceritanya pun telah sang maha cinta atur.

  58. syareat,tarekhat,hakekat,n mahrifat.harusnya diamalkan untuk mencapai kebahagia’n sesungguhnya,dunia wal akherat..cukuplah ai-quran n hadis untuk memaknai’ya.dengan di bantu guru mursyid

  59. ganda.suganda45@yahoo.co.id

    menurut pendapat saya bertanya dulu kepada ahlinya (sejarawan) supaya mengerti sejarah tersebut,.Rosulullah pun perna bersabda”Barang siapa yang bukan ahlinya tunggulah kehancuran”.

  60. Ini cerita ngawur… dasar literaturnya gak jelas… baru kali ini ini ada versi cerita kalo wafatnya Syeh Siti Jenar krn bunuh diri…

  61. Hamamayu Hayuning Bawana

    Hanya orang yang logis yg bisa mengerti ajaran syekh lemah abang, ajaran tidak sesat tetapi mengarah kearah kebenaran

  62. kenali diri sendiri maka kmu akan mengenal tuhan
    kalau g kenal makanya jadi orang bodoh dan hidup g ad artinya
    ajaran syeh siti jenar g sesat cma pemahaman orang awam aj yg g bsa makax dibilang ajaran sesat padahal ajaran beliau benar

  63. Kisah itu soal benar dan tidaknya gak perlu diributkan kyk anak TK rebutan permen.. Yg penting itu mari saling berlomba dlm kebaikan melalui moral masing2.. Saling berbantah tanpa tahu kebenarannya adalah perbuatan BODOH alias GOBLOK alias TOLOL..!!!

  64. saya membaca semua yang saya belum faham apapun itu dari siapapun itu benar salah hanya tuhan yang tahu benar salah yang kutahu kusimpan dalam hatiku

  65. wali aja kerjanya bohong apalagi bukan wali gimana ya apa gak lebih dari itu…..

  66. Pesan saya kepada PEMBACA blog:
    Ajaran ini adalah ajaran yang sesat. Dilarang tuk mempelajari ajaran ini karena mutlak akan membawa anda kearah kesesatan.
    Ajaran ini bukan bacaan teori untuk para cendikiawan dan orang awam atau orang baru melek. Hati2x bisa menyebabkan anda terbawa sesat.
    Klo pun niat baca hanya tuk sekedar tau saja boleh2 saja.

    Pesan saya kepada PENULIS BLOG dan TEMAN2 se-ilmu.
    Terimakasih sudah menuliskan ajaran sheik siti jenar. Inti dari ajarannya adalah tuk mencintai tuhan dengan makna seluas2nya.
    Untuk yang bisa menelaah ilmu ini saya mo share dikit,
    Saya kaget saat saya telaah salah satu dari 140 ajarannya saya mendapatkan efek luar biasa. Saya baru tau cara memindahkan hujan itu gmana..ternyata ditembak pake angin toh, trus saya dalami lagi (masih di ayat yang sama) wow
    .ngk sengaja ngebuka pintu ke dimensi lain pertama hijau bulat..terus mulai pinggirannya dilapisi warna biru..tiba2 tuh cahaya langsung menaungi seluruh ruangan…stooopppp..saya belum kuat. Gilee beneerr nih ajaran..saktiiii mandra guna. Oh ya saya tekankan lagi itu hanya efeknya saja. Efek yang didapatkan saat memulai manunggaling kawula gusti.
    Kepada teman2 yang sudah melihat kesaktiannya cukuplah itu kesaktian untuk kamu saja. Tidak perlu memaksakan tuk mengajarkan kepada orang lain. Karena tuhanlah yang mengajarkan orang2x itu termasuk kita dengan cara yg berbeda2. Klo pun ada yang mau belajar pasti akan mendatangi kita. Sekali lagi jangan membuat aliran baru. Apakah kalian masih belum puas juga..asikkan jadi orang sakti bisa pecah badan (membagi2 roh)..tembak jin..ngejailin jin..nyembuhin orang…dan banyak lagi.ngapain ngajarin orang2x yang malahan membuat anda menjadi laknat didepan mereka. Sudahlah ilmu ini untuk anda sendiri. Seperti saya ini. Cukuplah kita sembunyikan keberadaan kita. Mari kita jungjung quran dan hadist dan bersyalawat (memberi salut) kpd nabi muhammad. Nabi muhammad bisa memisahkan hak dan bathil juga menyambungkan antara hablumminallah dan hablumminannas (klo kamu sadar..siti jennar terbunuh karena susah menjabarkan hal ini, makanya salutlah kepada muhammad. Dan ajaran siti jennar hanya ketuhanan mutlak tapi kalo quran..wooooooww kereeeeeeeeen lengkap, klo kamu udah bisa ilmu siti jenar tela’ah tuh quran, kejengkang sampe kepental2x paling sakti paling komplit dan yang paling paling paling luaaaarrr biaaasaaa saktinya…pantas lah quran ini disebut mukjizat terbesar dan yang terakhir).

    Terimakasih, jadi untuk semuanya.. dilarang tuk mempelajari ajaran ini. Karena bahaya dan akan membawa kesesatan.

  67. katanya matinya siti jenar RAHASIA, kok kamu bisa tahu ceritanya,
    edan kabeh

  68. (.MANUNGGALING KAWULO KELAWAN GUSTI.) .Itu yg di ajarkan oleh Waliyulloh kanjeng sunan / Syeh siti Jenar..cukup bg yg bs memahami.dan bagi orang yg benar benar tau sejarahnya secara lahir maupun batiniah..

  69. Ngawur yg menulis ini, sama sesatnya dg syeh siti jenar

  70. cerita yang menarik, tapi kenapa bunuh diri?bukankah haram?jadi bingung aku…. Seharusnya matinya dibunuh atau sakit …. Hukumnya jelas gitu ….. Hanya allah yg tau drajat wali atau bukan.

  71. ilmu syekh siti jenar itu sudah mencapai tingkatan ma’rifat sedang walisongo masih syari’at,,jadi agak berbeda ,,tetapi walisongo tidak mekar jasadnya dengan anjing,dan siti jenar juga tidak mengajarkan “manunggaling kawulo gusti” jadi

    semua itu kesalahpahaman
    —–_____

  72. Allah terdiri dari : sifat, nur, dzat dan ruh. kenapa di dalam Al-Quran disatu sisi Allah menyatakan Aku Esa (Tunggal) tetapi disis lain Allah menyatakan diri Kami. sehingga kita hrs faham bahwa Allah Maha Segala Maha. mau Esa mau Kami wallahu a’llam. tugas kita hanya mengabdi dan beribadah kepada-Nya. kan Allah sdh berfirman, tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk berbakti. Kalau mas-mas yang belum mendalami agama secara lahir batin, ga usah komentar deh, termasuk Mas Wira yang sok islami, sy kasih tahu. Kalau ingin tahu siapa Syeh Siti Jenar yang sebenarnya lakukanlah uslah, tanyakan sendiri kepada Allah langsung. Jenar hamba Allah yang sangat diridlohi karena penghambaanya kepada sang khaliq, bukan kaya mas wira. tahu dirinya sendiri aja belum kok mau menyesatkan Jenar. yang berhak menyesatkan kan cuma Allah….. belajar lebih dalam lagi mas. kalo perlu datang ke saya tak ajari.

  73. permisi mas boleh dong ikut komentar, kayaknya seru bangat nih.
    sebelum saya komentar, saya mau bertanya kepada mereka yang mengnggap syekh siti jenar itu sesat. pertanyaannya adalah waktu mengucapkan dua kalimat syahadat apa yang kalian tahu? dengan bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dimanakah wujud Allah? lalu bersaksi Muhammad adalah utusan Allah, dimanakah Muhammad itu? permasalahannya adalah syekh siti jenar itu hanya menggunakan bahasa rahasia. tingkat ilmu makrifat sudah tinggi. jadi kalau berbicara dihadapan orang awam, mungkin hanya sepintas, tetapi salah menerimanya. artikel yang saya punya, para wali juga mempunyai jewanta yang sama dengan syekh siti jenar. soal kesesatan bukan pada beliau, tetapi para santrinya yang mengumbar tidak pada tempatnya. kalaupun yang dimaksud dengan manunggalingkawulagusti adalah sebagai makna yang menyesatkan saya rasa itu salah besar. mari kita melihat dengan apa yang ada pada diri kita.
    diri kita terdiri dari :
    1. wujud kasar (badan)
    2. roh (mahluk Allah)
    3. jiwa atau sukma
    seberapa besar pengaruh manunggalingkawulagusti itu?
    wujud kasar (badan) bisa hancur sedangkan roh akan kembali pada Allah lalu yang berjalan itu apa? kalau jiwa atau sukma dijadikan oleh Allah dari Nur Allah. jadi sekarang kita berbicara tentang rahasia. tidak semua wali bertemu dengan nabi khidir. lalu siapakah nabi khidir itu? jangan menerjemahkan kalau nabi khidir itu wujudnya seperti manusia seperti kita. beliau adalah rahasia, hampir seluruh rahasia Allah ada di tangan beliau.
    kalau kita mencerna waktu nabi musa berjalan dengan nabi khidir, tiba2 nabi khidir membunuh seorang anak kecil, darimana beliau tahu bahwa kelak anak itu pasti akan menjadi anak durhaka? itu contoh kecil.
    kalau dikaitkan dengan siti jenar, saya rasa orang akan menganggap sesat, karena mereka belum belajar tentang rahasia. kalau ada yang mau mengadu rasa, saya persilahkan datang aja ke tempat saya. kita akan mengupas semua apa menjadi ajaran siti jenar.

  74. saya cuma hanya mau mengatakan satu hal
    BUNUH DIRI itu sangat dilarang dalam ISLAM, hidup dan mati adalah kehendak ALLAH SWT seorang, barangsiapa yang mati dengan cara membunuh dirinya sendiri baik itu dengan alat dengan ilmu kanuragannya atau dengan cara apapun, maka balasannya nyata NERAKA JAHANNAM
    TIDAK ADA ITU JASAD ORANG MATI BUNUH DIRI WANGI BAK MINYAK KASTURI, NGAWUR INI BLOG, SESAT DAN MENYESATKAN
    YANG PASTI YANG TIDAK MELAKUKAN SHOLAT ITU DOSA, NABI MUHAMMAD SAW TIDAK PERNAH DALAM HIDUPNYA MELEWATKAN SATU KALI PUN SHOLAT, LALU DENGAN DALIL APA SEORANG BISA JADI BOLEH TIDAK SHOLAT, DALAM ISLAM HARAM ITU HARAM, HALAL ITU HALAL, JANGAN TERPERDAYA TIPU DAYA SETAN WAHAI SODARAKU MUSLIMIN MUSLIMAT MUKMININ MUKMINAT

  75. ni orang yang post blog kayakna udah baca buku laknat bin menyesatkan tentang “SERAT SYEKH SITI JENAR” (Silahkan baca disini : http://netlog.wordpress.com/category/buku-putih-islamisasi-tanah-jawa/)
    Cukuplah wahai muslimin muslimat sahabatku kalian tidak melewatkan sholat lima waktu setiap harinya, puasa Ramadhan, menunaikan zakat dan bersedekah, naik haji bila mampu, bantu sesama seluruh umat manusia tak terkecuali, daripada memusingkan diri berbicara MAKRIFAT padahal ILMU FIQIH saja belum dan tidak akan pernah terkuasai, 25 NABI DAN ROSUL SAJA TIDAK HAFAL, Bahkan seorang Imam Al Gozali yang semasa hidupnya telah menulis ratusan kitab masih menyatakan kekurangan pemahaman terhadap ilmu fiqihnya apalagi kita, sudah berani menilai dan berbicara MAKRIFAT.
    INTINYA BENAHI LAH DULU SHOLATMU KARENA ITU TIANG AGAMA, SIAPAPUN YANG MENYATAKAN HAKEKAT LEBIH PENTING DARI SYAREAT MAKA IA BUKAN GOLONGAN NABI SAW, DAN TIDAK AKAN DIBERI SYAFAATNYA KELAK DI HARI QIAMAT, SIAPAPUN YANG BERKATA BAHWA SYARIAT SHOLAT FARDHU BISA DIGANTIKAN OLEH SYARIAT LAINNYA MAKA IA ADALAH SESAT DAN KAWAN IBLIS LAKNATULLOH ALAIH
    SEBAGAIMANA WASIAT NABI SAW PADA SESAAT SEBELUM WAFATNYA BELIAU SAW BERSABDA AS SHOLAH AS SHOLAH AS SHOLAH SAMPE TIGA KALI, SIAPAKAH DIRIMU APAKAH PANGKATMU DI HADAPAN ALLAH SWT SEHINGGA BISA MENINGGALKAN SYAREAT SHOLAT FARDLU???
    INGATLAH WAHAI SODARAKU YANG PALING PERTAMA DIHISAB DI HARI QIAMAT ADALAH AMAL IBADAH SHOLATMU, APAKAH YANG AKAN ENGKAU JAWAB KELAK, APA KAU AKAN MENJAWAB “AKU ADALAH SEORANG WALI ATO PENGIKUT ALIRAN WALI YANG SAKTI MANDRAGUNA, TIDAK PERLU LAGI SHOLAT, TIDAK PERLU ZAKAT, TIDAK PERLU PUASA RAMADHAN”
    SUNGGUH SANGAT KEJI TIPU DAYA SYETAN DAN IBLIS LAKNATULLOH ALAIH

    • aku sih ga kenal syeh siti jenar bangeti…para perawinya kurang soheh.tapi yg aku garis bawahi..kita seorang muslim ga boleh gampang ngeluarin stempel km sesat km kafir…nanti klo ternyata dugaan kta salah mk akan berbalik ke kita.itu yg pertaman
      kedua memang hrsnya kita bribadah kepada alloh scara murni ikutilah syariat nabi kita.syariat yg membawa pd
      hakikat.jgn cuma ngaji syariat saja.dan jg jgn nyepelein syariat nabi krna itu namanya mbalelo.mengajilah apa itu syareat apa itu torekot,hakekot dan jg makrifat.ngibadah lahir yo batine..

      • mas wira.yesus atau nabi isa itu gak pernah bilang klo beliau itu Tuhan.orang”kristen aja yg nyebut dia Tuhan padahal di injil ga ada.ingat.i.kita orang muslim tidak akan sempurna iman kiita klo gak beriman kpada nabi & rosul”nya..

  76. klo menurut saya syeh siti jenar itu ilmu yg diajarkan itu ma”rifatulloh sehingga para umat yang masih tingkatan syariat mengatakan ajaran beliau itu sesat soalnya bahasa ajaran ma”rifat itu klo org tidak paham bisa menimbulkan fitnah contohnya arti “AKU” dalam arti sahadat itu siapa ??? klo org syariat kan artinya AKU kan “SAYA” tp klo artinya AKU bagi org ma”rifat kan AKU adalah ” Ilmu Alloh”

  77. msing2 punya versinya sndri …
    yah msing2 dgn pmahamannya …

    qta smua mati tdak dlm 1 kuburan kok ,,

    untukmu agamamu , untukku agamaku…!!

    itu sja blum tntu smua org bsa pham mksdnya…!!!

  78. Awaluddin Ma’rifatullah : Awal Beragama adalah mengenal Allah.
    “Mengenal” : berarti kenal Dzat,Shifat,Asma,Af’al dari Allah.
    Ibarat Cerita : Tiba-tiba ada orang yg menelpon kita dan kita sendiri tak mengenal orang tersebut, lalu dia menyuruh kita utk menemuinya. Apa yg bisa kita perbuat, sedangkan kita tdk tau di mana alamatnya, bagaimana wajah dan bentuknya, atau secara umum tdk mengenalnya. Ke mana kah kita menemui orang tersebut ? Ada beberapa tahapan untuk bisa menemui orang yg dimaksud.
    Berusaha utk mengenalinya terlebih dulu, entah itu minta alamat dll. Kalau sdah betul-betul sdah mengatahui keberadaannya dan mengenali wajah dan bentuknya maka akan lebih mudah utk menemuinya.
    Cerita di atas jauh lebih mudah krna hanya pengenalan terhadap sesama manusia.
    *Lalu Bagaimana Cara Mengenal Allah ?
    *Allah itu kan “Laysa Komislihi Syai’un” : Tiada sesuatu apapun menyerupai-Nya ?
    #Benar, Allah itu tiada sesuatu apapun menyerupai-Nya krna bersifat Maha Esa. Tapi Allah itu mampu kita kenal, krna jika tdk bisa utk di kenal maka tidak akan ada Awaluddin M’arifatullah : Awal Beragama adalah mengenal Allah.
    Tidak Sempurna Iman dan Islam seseorang tanpa dia mengenal Allah dengan sebenar benarnya kenal. ! .
    #Kita ini hidup ibarat pembantu, dan tentu sang Majikan kita adalah Allah Ta’ala. Jika kita sendiri tidak mengenali Majikan kita, ke mana kita akan meminta UPAH ? Kalau Kita sama sekali tdk mengenali Dzat,Shifat,Asma,Af’al dari Allah, ke mana sebenarnya kita berdo’a dan menyembah, apa berdo’a pada TULISAN ? Atau menyembah Tulisan atau hasil pemikiran yg tdk jelas ? Itu sama saja dgn menyembah berhala yakni hasil pemikiran yg tdk jelas atau tdk pada jalur Mursyid.
    Maka carilah Guru Mursyid yg betul faham.
    Semoga sepenggal kata-kata ini bisa sedikit bermanfaat, utk kita sama-sama sllu belajar agar lebih baik lagi utk Islam yg sejatinya. Tidak usah saling menganggap diri benar meskipun itu benar, karena di situ nampak suatu kesombongan. Allahuma Salli Ala Muhammad, Semoga Baginda Nabi Besar Muhammad Memberikan syafa’at kpda kita yg benar-benar ingin sllu berusaha dlam Iman dan Islam.

  79. cukup aku dan ,, tuhan yg tahuu …. !!! :)

  80. Sedikit berkomentar tentang Syekh Lemah Abang, pada masa itu hanya pembagian cabang ilmu, cabang di sini dalam artian Syari’at, Tharikat, Hakikat, Ma’rifat.
    Semua Wali pada masa itu sebenarnya menguasai ke empat cabang ilmu tersebut, cuma pada masa itu ada pembagian tugas dan Syeh Lemah Abang terpilih mengemban tugas utk pengemuka dlam ilmu Ma’rifat pda masa itu. Karna yg dinamakan wali itu sdah tentu menguasai Iman dan Islam yg sejatinya. Bagaimanapun kisah yg sebenarnya itu hanya sebuah perjalanan utk penyebaran Islam dan itu hanya bagian dari rencana Allah yg Alimun : Maha Tau,
    dan kita seharusnya berterimakasih kpda beliau-beliau yg mau menyebarkan kebenaran Islam, baik itu dari syari’at, Tharikat, Hakikat atau Ma’rifat. Masalah Manunggal Kawula Gusti tersebut adalah sifat Fana diri ketika sudah mengenal akan Dzat,Sifat,Asma,Af’al dari Allah, karena La Hawla Wala Kuwata Ila Billah : tiada daya dan upaya tanpa izin dari Allah.
    Jika siapapun merasa dirinya hebat, maka cobalah pindahkan satu jarum peniti saja di saat tidur. Jangankan memindah jarum peniti, saat tidur pastilah kita lupa. Disitulah yg di maksudkan Syekh Lemah Abang manusia itu bagaikan mayat, krna apabila kita mengerti di situlah Allah ingin memperlihatkan sifat-Nya yg Hayyun : Maha Hidup.
    Fana diri di atas artinya kita tdk lagi merasa sombong, tdk lagi merasa hebat, tdk lagi merasa bisa apa-apa. Krna yg berkuasa pada diri kita sepenuhnya adalah Allah Ta’ala, bukan kita yg mengganti kedudukan sbg Allah, krna kita sendiri tak berarti apa-apa. Masalah Syeh Lemah Abang yg Mengaku Dirinya adalah Tuhan ? Beliau jauh lebih tau di banding kita tentang Ma’rifatullah, tentang kedudukan diri yg bersifat Fana, jdi sangat tdk mungkin beliau mengaku seperti itu.
    Sekian Terimakasih

  81. islam akan terbagi dalam 73 golongan dan hanya 1 golongan yg selamat…. !!!

    kliatan jlas klo islam mlai trbagi2 …
    sperti yg dikatakn di dlm al quran :)

  82. Assalamualaikum wr.wb

    Mohon maaf mas, saya mau bertanya :
    Apakah hukum melakukan Bunuh Diri menurut pandangan Islam?

    Terima Kasih.
    Wassalamualaikum wr.wb

  83. menurut pengetahuan saya…
    syeh siti jenar itu mempunyai ilmu yang di luar manusia normal biasa .
    intinya syeh siti jenar mempunyai ilmu d atas rata2 pada umumnya .,dan wali cuma kwatir jika ilmu yang dimiliki syeh siti jenar tidak bisa dimengerti pada umatnya,

  84. buat pengetahuan aj,,,jangan untk diperdebat.
    semua manusia itu sedang belajar bener/baik,
    ambil ap yg harus d ambil.

  85. yapzz,, bkan syekh siti jenar yg sesat,,
    tp para pengikutnya saja yg tdak paham
    n tdak mngerti jdi slah mngartikan ………
    timbul lah fitnah …….

    bgtu lah kalau ilmu makrifat yg dipakai …
    ibarat pohon, kalau sdah brtmbah tinggi maka smakin brtambah pula kencang angin meniupnya…
    wassallam…. :)

  86. semua yang komen menolak atau menerima itu tanda kalian semua berfikir. jangan pernah berhenti untuk berfikir dari dasar sesungguhnya yaitu hakikat berserahdiri kepada sang pencipta yang maha agung. apapun ilmu itu asal tujuanya mendekaktkan dirimu kepada pemilik ROH sejati carilah, cobalah, dan pahamilah.
    melihatlah, mengenalah, pahamilah, ambil hikmahnya, dan berikan keputusan untuk dirimu.
    ALLAH swt terhadap kita manusia sangat dekat. “yen cedek tanpo senggolan yen adoh tanpo wangenan”.

  87. betul mas bro,,
    lbih baik tukar pndapat
    bwt mncari yg terbaik dri yg baik,,

    dri pda hrus slalu brdebat ………… :)

  88. betul mas bro
    lbih baik mncari yg trbaik dri yg baik
    dri pda hrus slalu brdebat………… :)

  89. hooooaaammmm …………….. !!?

  90. masing2 mncari jalannya :)

  91. alhamdulillah………

  92. ilmu itu bukan untuk di pertontonkan tapi ilmu itu untuk di amalkan.

  93. Wira kok bisa ngatakan syekh siti jenar sesat
    kuburan nya aja dibawah mimbar mesjid demak,
    kalo kematian jangan dikatakan bunuh diri , bisa dikatakan nyerahkan Roh
    kepada yang punya, tanpa di niaya , tanpa luka.
    bisa kukatakan kematian yg mantap, menyerahkan Roh kepada Allah.
    tak perlu malaikat yang jemput,,serahkan langsung ama yang punya.

  94. Ajarannya syeh siti jenar bagus aku suka hidup ajaranMU.

  95. fatwa hanya bs dipercaya kebenaran nya,apabila fatwa itu berasal dr seorang ‘alim yg tahu jati diri nya[ yaitu seorang yg mengerti betul esnsi diri]shngga ‘alim yg demikian yakin betul akan fatwa yg ucapkan nya adl sesuatu yg haqiqi,yg berasal dr ilmu sejati turun kedada sebagai cahaya penerang hati.ilmu ini hanya turun kehati yg telah suci dr sgala najis duniawi,itulah makna hadist “malaikat tdk akn masuk kedalam rumah yg ada anjing [bentuk hewan] didalam nya,malaikat adl cahaya suci pembawa wahyu dan ilham [ilmu haqiqi dr sang Maha] hati adl rumah roh,sedang dlm diri manusia jg ada nafsu hewan,syetan,muth ma’innah,dan malakiah,mrk b’rebut pengaruh di hati manusia,siapa yg hati nya di kuasai nafsu hewan atau syetan,maka tdk akan b’sentuhan dgn ilmu sejati yg suci yg sumbernya adl sang Maha ilmu yg suci.itu lah sbb aku meyakini bahwa alqur’an adl tuntunan yg absolut,karna Dia adl kalam yg dijaga kebersihan nya dr najis duniawi,oleh sbb itu,siapapun yg menerangkan/atau menjabarkan al Qur’an haruslah orang yg suci dr nafsu duniawi,[suci dari nafsu,dimulai dr mengerti dr sendiri,sehingga org tdk salah,antara menerima faham dr nafsu atau menerima faham dr nur ilahiy.]itulah sebab nya,hadits nabi pasti benar nya,suci dr campur nafsu duniawi,itu bs dimengerti karna Nabi telah m’ngerti k’benaran haqiqi,sehingga iblis dan syetan tdk akan mampu m’nyesatkan nya.[iblis hanya m'mpu m'nyesatkan org yg kosong dr jatine ngelmu] itulah sebab nya tidak ada yang di sabdakan nabi melainkan sabda nya itu adl wahyu yg b’sumber sang Maha ilmu.demikian jg setiap kata yg keluar dr para wali Allah adl suatu kebenaran,karna stiap kata/fatwa para beliu adl bersih dr campur tangan hawa nafsu,[karna beliau2 tlh faham dgn nafsu2 beliau sendiri] akan ttp,tingkat pemahaman para wali akn kejatian diri,sesuai dgn tingkatan derajat kewalian nya.akan ttp secara garis besar,tdk akn s’seorang bs memaham mutiara ilmu dr fatwa seorang wali,kecuali hati org tsb jg telah bersih dari najis tabir duniawi [yg mana org yg hatinya tlh bersih dari tabir duniawi,tdk lain org itu adl wali juga] itulah kenapa kita tdk akan tahu kewalian s’seorang,kecuali kita jg tlh sampai kederajat wali.penilaian buruk s’seorg sptku [yg blm faham diri sendiri dan sgala esensi yg ada didlm diri] terhadap para ahli ilmu/waliullah,adl bukti kenistaan nafsu syetan yg di ikuti sbgan besar manusia karna kebodohan nya akan jati diri sendiri [ jatining diri lan pribadi ] itu adl su’ul adab/asor ing pakerti t’hadap para ahli ilmu yg ntbn nya adl para k’kasih Allah.para sahabat di jalan Allah,smg Allah melapang kan dada kita,shg kita diberi kemampuan memaham dan menerima kebenaran haqiqi,m’nurut saya,kanjeng syeih Lemah abang adl bukti yg kesekian kali dari kebenaran firman Allah swt “wa maa huwa ngalal ghoibi bi dhoniin”…dan Muhammad bukanlah org yg kikir menerang kan hal yg ghoib. bukankah semua berasal dr yg ghoib,m’9pa kita sombong b’sikap tdk m’nerima wejangan ttg Ghoib.salaamm

  96. Aku mau turuti nikmati elmunya syeikh siti jenar,alhallaj,syeikh abd khodir karam dlm nikmat

  97. oalhaaaa, , dapat dari mana cerita ini, dalam memahami seorang waliyullah, akan lebih bijaksana dan arif apabila kita melihat dari sebanyak mungkin referensi yang valid, sehingga tidak mudah untuk menjustifikasi seseorang, apalagi jika kita tidak hidup sejaman dan hanya mendengar opini dari orang-orang yang belum tentu Haq.

  98. bagus gan ceritanya, mohon ijin saya jadikan referensi

  99. “La Hawla Wala Quwwata Illah Billah ”
    gak sepantas nya kita menilai / memvonis mana yg salah dn mana yg benar….
    karena cukup hanya allah lah bg kita yg berhak menilai smua makhlukx..
    Ya..Malik..yg Maha Merajai..

    lok kita mengaku muslim/orng islam,kita pasti udh tau RUKUN ISLAM ada lima…
    kuasai yg pertama dulu syahadat tainx..
    baru setelah itu rukun2 yg lain pasti ngikut kayak air…
    kuncinya jgn sekali2 brkata kita telah BERSAKSI” jika kita tdk pnh mengalami dn merasakn…krn seorang saksi dikatakn saksi palsu jika tdk tau asal muasal kejadian…..
    besok kelak yg bisa menjawab prtanyaan akhirat…adalah SAKSI ny sesungguhx…
    “Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un”
    ketahuilah dn kenalilah kmana kita akan kembali…bisakah kita kembali jika kita tak tau kemana dn pada siapa alamat yg dituju kita akan kembali……itukn doa yg sllu ucapkn wktu sholat ” ALFATEHA”
    Agar kita tidak Tersesat!!!!!
    itulah ilmu syareat ,tarekat dn hakekat ntuk mecapai makrifatullah….
    SEMBAH RAGA dn SEMBAH RASA
    INNA A’MALU BINNIAT=>RIDHO ALLAH
    ” UNDUR MAA QIILA WALA
    TANDUR MAN QOOLA ” => Jangan melihat siapa yang
    berkata, tapi lihatlah apa yang di
    katakan,,,

  100. so tahu yang buat cerita.ente tau dari mana cerita ngawur gitu,dasar bodoh

  101. Terlepas dari benar tidaknya cerita ini, ada beberapa hal yang saudaraku tidak tahu, bahwa kematian, pengantian jasat anjing dan pengantungan mayat anjing di alun2 itu adalah kemauan dari kanjeng syeh siti jenar sendiri yang di amanatkan kepada kanjeng sunan kali jaga…
    Mereka adalah orang2 yang memiliki ilmu agama hakikat bahkan mencapai makrifat dengan kemurnian hati yang tinggi jadi jangan di selewengkan ke ajaran yang menimbulkan perpecahan agama islam,
    kalau kurang jelas baca cerita babat tanah jawi renggowarsito di musium tantular sidoarjo, jangan yang di cetak itu ya cos tu sudah di edit dan hanya berpihak pada satu kubu saja.

  102. bila engkau belum merasakan jangan engkau ucapkan itu munafik namanya, islam sekarang lebih banyak belajar syariat agar lebih mudah dimengerti jadi percuma berdebat. manusia sekarang kan hanya pandai mengucapkan tapi tidak pandai menjalankan. imamnya bukan dengan ilmu tapi dengan nafsu jadi makmumnya maksiat. lebih baik pandai bertanya pada diri sendiri.

  103. orang kafir tidak berhenti sampai kita mengikuti mereka ada ayatnya jadi jangan heran ada postingan kaya gini istighfar

Jangan malu-malu ngasih tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s