2003 versi 80.0.2JL


Angka memiliki keistimewaan-keistimewaan khusus yang tidak hanya mengelilingi dan menentukan ruang dan waktu dalam rumus-rumus abstrak, tetapi juga merupakan bagian dari sebuah sistem hubungan yang misterius dengan bintang-bintang dan berbagai fenomena alam lainnya. Dan semangat matematika adalah sebuah kekayaan primodial manusia yang selalu memperlihatkan dirinya di mana pun manusia hidup atau dimana ada sisa-sisa materi kehidupan sebelumnya. Demikian Willi Hatner berargumen tentang angka. Phytagoras pun menyatakan bahwa angka adalah segalanya.

Bagi saya, angka merupakan sistem-sistem yang dibentuk menurut irama yang berbeda-beda. Angka adalah sebuah realitas yang mengandung medan kekuatan magnetik. Angka menjadi mediator antara Gusti Allah dan ciptaan-Nya. Maka setiap angka menumbuhkan sebuah karakter khusus, memiliki mistik dan makna metafisis khusus. Bagimu mungkin lain lagi.

Di sini saya memilih angka lima. Lima sebagai bilangan bagi manusia, yang usia hidupnya, kata para penyair Persia, hanya lima hari. Panjtan yang digambarkan dengan lima jari di telapak tangan yaitu Muhammad, Ali, Fathimah, Hasan dan Husain. Lima untuk jumlah nabi pembawa syariat, rukun islam, pentagram, pancasila, panca indera, khams fi ‘ainak, quinta essentia, Zogen einst funf wilde Schwane, dan untuk lima anak panah Kama yang terbuat dari bunga.

Nah, mari luangkan waktu. Buka lagi catatan kecilnya. Jangan lupa judulnya lima tahun silam, di halaman kesekian. Kalau punya saya, tentang petengahan tahun 2003. 1800 hari yang dilewatkan entah dengan siapa dan bagaimana.

Dan dalam sehari ini, saya harus puas ngobrolin berbagai peristiwa yang kebetulan ingat. Walau hanya beberapa. Beberapa moment yang pasti langsung pura-pura lupa jika ditanya. Beberapa foto yang tergantung di dinding retak. Beberapa lembar tagihan dan sertifikat dalam map jingga. Beberapa dialog sederhana untuk pentas theatre. Pentas yang hanya tayang di TV kecil saya. Mini TV bagi orang-orang yang sering lenyap dan absen sama janjinya. Janji tidak menghapus figur Gatot Kaca. Janji untuk bilang Alhamdulillah. Alhamdulillah turun gerimis yang bukan kuyup semata. Alhamdulillah lembayung masih bisa membelai mata saya.

Saya ingat waktu pertama kali terima surat kelulusan. Senangnya bukan main. Sampai-sampai berlompatan di kantin dan lari ke rumah. Jaraknya sekitar 2,5 kilo-meter. Sesampainya di rumah. Ternyata kosong. Akhirnya saya susulin ibu ke kantornya di Bogor. Selama di perjalanan, saya mulai menarget SMA unggulan yang mau saya gempur. Target pertama adalah SMAN 1 Bogor, SMAN 5 Bogor dan SMAN 3 Bogor. Sesampainya di kantor ibu, saya langsung menyebar berita tentang prestasi gemilang saya ke rekan-rekan kerjanya. Begitu terus hingga jam pulang kantor. Beberapa hari kemudian, saya dapat kabar bahwa SMP dari kabupaten hanya boleh mendaftar di satu sekolah negeri di Kota Bogor. Kalau di Jakarta bisa dua atau tiga. Sulit buat saya memilih satu dari 10 SMA dan 5 SMK negeri. Lebih mirip milih calon suami, mungkin. Atas saran kedua orang tua, maka saya mendaftar ke SMK Negeri 1 Bogor. Kemudian ikut ujian masuk dan Masa Orientasi Siswa.

Selama MOS berlangsung, saya cukup rajin senyum, nyapa, nanya, bercanda dan kesiangan. Untung sistem berdiri di depan kelas sambil megang kuping dan angkat kaki kiri sudah gak berlaku. Jadi aman. Saat itulah saya berkenalan dengan Rinsani. Gadis berkulit cokelat. Tinggi dan kekerempengannya kurang lebih sama dengan saya. Rambut kemerah-merahan, dikepang, lurus sebahu, katanya karena sering panas-panasan. Matanya jadi kelihatan bulat dan besar karena efek samping dari kacamata berbingkai kotak. Sebagai teman main, kami selalu bersama-sama, mulai makan, minum, cuci muka, cuci tangan, minta tanda tangan, nyanyi, buang hajat dan lain-lain, hanya saja kami tidak sama-sama ke tempat ibadah.

Semasa jadi anak sekolahan saya punya geng yang dibentuk hanya karena sama-sama suka anime. Selebihnya kami berbeda 85%. Secret Error. Nama geng kami Secret Error dengan delapan anggota yaitu Mew, Aya, Amie, Shin, Shani, Aci, Rien dan Ega, menggunakan nama-nama itu lah kami mempopulerkan diri hingga sekarang. Kalau ada yang tanya kenapa mengganti nama panggilan? Jawabnya adalah: Kegilaan pada novel, cerpen, lagu dan anime, selain itu jugatingkat kenyamananlah yang menyebabkan kami membuat nickname. Ah, hanya alasan sepihak. Alasan semau saya. Agar lebih pasnya biar didiskusikan dulu. Yang jelas, kami tahu kapan dan dimana harus menggunakan nickname.

Saat kami para SE (Secret Error) masih kelas satu. Masih cupu a.k.a cuantik, pintar dan lucu. Share tentang komik, novel dan film harry potter biasanya jadi menu spesial. Selain itu saya lagi doyan-doyannya chatting pakai mIRC maka semua anggota SE saya ajak untuk chatting. Kemudian saya kerjai tapi terlebih dahulu sudah kongkalikong dengan Shani. Saya lahirkan dwi, cowok imajiner yang kuliah di Banda Aceh semester 4, hobi nulis fiksi. Entah bagaimana kelanjutannya hingga karakter rekaan itu, aya dan amie bisa ngobrol panjang. Hingga akhirnya perbuatan saya ketahuan dan mereka balik mengerjain saya. Harusnya mereka yang marah tapi malah saya yang marah sampai berminggu-minggu. Jadi malu ceritanya.

Selain nama-nama di atas ada juga teman-teman lainnya yang juga wajib diceritakan. Mereka adalah Fani Oriza, Tri, Maya, Irvan, Moel, Rahmat, Tia, Nur, Fitri, Leni, Ida, Jum-jum, Devi, Hasrul, Alfin, Yuan, Ietha, Kak Vetra, Kak Budi, Arien, Dree, Giri Pratama, Andy Tenario, Amier, Alm. Mahdi, Anshor, Zeeshan.

Masih ingat ketika dulu saya mau ikut SPMB. Saya kelimpungan cari formulirnya karena tenggang waktu yang diberi hanya sesiangan. Saat itu, saya bersama Rien Indriati rekan se-genk saya bersama-sama cari formulir SPMB. Kami sudah dari pagi berburu dan masih pakai seragam sekolah juga (kalau saya gak salah ingat). Pertama-tama kami ke Universitas Indonesia karena saya dengan IPB Baranangsiang sudah kehabisan formulir. Kami naik kereta ekonomi ke stasiun UI. Sampai di sana, saya langsung tanya salah satu mahasiswi yang lagi nungguin bis di halte. Kata mahasiswi itu, saya bisa ambil di Fakultas Teknik dan bisnya bisa ditunggu. Karena merasa terburu-buru akhirnya kami berdua nekat jalan kaki. Sesampainya di Fakultas Teknik, ternyata petugasnya lagi istirahat jadi harus ditunggu sambil nyanyi-nyanyi berdua. Sekitar jam setengah dua petugas yang membagikan formulir datang, kami utarakan tujuan kami dan dia bilang bahwa saya harus ke Gedung Rektorat untuk mendapatkan formulirnya atau ke UNJ. Saya ambil pilihan kedua dan segera bergegas ke UNJ.

Saya dan Rien naik kereta jurusan cikini (kalau gak salah). Karena persedian uang kami menipis akhirnya kami nekat gak beli karcis, untung gak ada penjaganya jadi “aman…”. Ternyata kereta itu harus di langsir. Jadi kami nongkrong lagi di Stasiun Manggarai. Mungkin ada sejam nunggu di situ hingga kereta datang dan bilang “aman…”. Sampai di cikini kami naik bis. Dengan proses yang lama kami sampai juga di UNJ. Saya buru-buru menanyakan formulirnya “apa masih ada, kak?”. Mereka bilang masih ada, tapi kami harus bayar dulu di bank dan bank akan tutup lima menit lagi. OMG! Saat kami mau lari, lho? Kok dihadang calo?? Emang dasar calo, saya diajaknya ngobrol lama-lama sambil tangan saya dipegangi. Begitu sampai di bank. Ternyata tutup. Saya cuma bisa setengah lemas dan duduk dipinggiran tangga. Akhirnya uangnya saya pakai buat makan berdua. Kami lapar, belum makan dari pagi. “Makasih ya, Rien…” Padahal, menurut buku karangan Renee Baron dan Elizabeth Wagele saya termasuk tipe pengejar prestasi bersayap tipe romantis, cenderung lebih introspektif, sensitif, artistik, imajinatif, dan pamer. Dan sifat yang paling mencolok adalah high-temper, bisa saja saat itu saya menyalahkan calo yang mengganggu saya, tapi di sisi lain, saya tetap salah karena lambat.

Kemudian, cerita mengenai Alm. Mahdi, dosen bahasa inggris di salah satu universitas Banda Aceh. Kami berkenalan lewat majalah KGRE, Kang Guru Radio English. Saya banyak hutang janji pada beliau. Janji chat bareng pakai webcam, janji ketemu, janji kirim surat dan janji balas postcardnya. Tiap hari kami sms-an dan chat lewat Yahoo! Messager. Beliau banyak cerita tentang Banda Aceh dan keluarganya. Singkat cerita, sekitar bulan september beliau mengirim postcard dan meminta saya untuk membalasnya. Saya hanya mengiyakan. “Iya” yang tidak ditetapkan waktunya. Mungkin besok, minggu depan, tahun depan atau sepuluh tahun lagi. Tidak pasti. Tepat akhir bulan desember, beliau meng-sms, konfirmasi akan menelepon saya jam 7 pagi. Sekitar jam 7 lewat beliau miss called. Saya tidak sempat angkat karena lagi di toilet. Pas saya nyalakan TV, saya lihat berita Tsunami di Aceh. Betul-betul cemas dengan keadaan beliau. Saya telp berkali-kali tapi sia-sia. Ah, maaf, telponmu tidak sempat dijawab, postcardmu belum dibalas.

Kemudian semasa Praktek Kerja Lapangan, di Bogor Online. Saya sempat nge-fans ke dua karyawan di sana, Kak Irwan dan Kak Yoga. Sayang sekali, saat itu Kak Yoga sudah punya gandengan dan Kak Irwan, entah lah. Tidak banyak yang saya ingat.

Setelah lulus dari SMK Negeri 1 Bogor, saya langsung kerja. Pertama kali di Maxgain International Futures, hanya dua minggu bekerja langsung mengundurkan diri karena sakit-sakitan. Tidak sampai sebulan menganggur, saya diajak teman saya untuk bergabung dengan Millenium Penata Futures. Bersama Bapak Deddy, Pak Yogi, Mas Faris yang juga jebolan Maxgain. Cerita tentang Pak Deddy gak cukup banyak, mungkin karena saya jarang komunikasi. Tapi beliau banyak juga menurunkan ilmu sama saya, banyak pemikiran beliau yang bagus, tapi kenapa sering saya bantah ya? Apa karena saya masih anak-anak??😆. Kalau soal Mas Faris, ah dia banyak cerita macam-macam sama saya sampai saya lupa. Kangen pengen ketemu mas itu, hanya waktunya belum ada. Dan saya juga kenal baik dengan Pak Bernard, mantan pacar saya yang sukses mengubur dalam-dalam cinta pertama saya yang sudah 11 tahun ditunggui di Parang Tritis, Yogyakarta.

Sekitar Januari 2007 saya pindah kerja ke Bogor, berkecimpung di dunia Prewedding, Louis and Louisa. Semua karyawan baik freelancer maupun pegawai tetap saya panggil kakak kecuali pimpinan dan istrinya saya panggil Pak dan Ci’. Ada Kak Deni, perawakannya tinggi besar. Kulit sawo matang. Mata besar. Rambut kriting, potongan cepak. Karena rumah kami searah maka saya sering mbonceng. Lalu Kak Andi. Kulit beliau juga cokelat, bermata besar dan potongan rambut cepak. Badannya gendut, lebih tinggi lima centi-meter dari saya. Dan kak agus, beliau lucu. Agak bokep. Kalau ingat Kak Agus jadi ingat Pak Bern. Sisanya Kak Tiar, Kak Wahyu, Kak Rahmat, Kak Teddy, Kak Andi Pramono, Kak Wawan, Kak Budi, dan yang lainnya. Kedekatan kami membuat saya sulit membuat keputusan untuk melanjutkan kuliah dan mengundurkan diri setelah enam bulan berkerjasama di Louis and Louisa. Setelah sebulan kuliah saya cari lowongan freelancer. Sekitar pertengahan januari 2008 saya bergabung dengan tim Dede Patta. Ada Pak Dede, Kang Iqbal, Mas Indo, Mbak Farah dan Mbak Ami. Oh! Satu lagi, Kak Daky, maaf lupa.

Begitu lah hubungan saya dengan teman-teman. Hanya secuil yang bisa diceritakan dari catatan kecil ini.
Mengenai keluarga saya, sengaja tidak diceritakan. Itu hanya saya yang boleh tahu.
Saya pasti senangnya bukan main, jika mereka membaca tulisan ini. Semoga rasa syukur kepada Sang Kholik atas tangan-tangan hangat mereka yang senantiasa diulurkan bisa tersampaikan.

Terima kasih telah mengikut sertakan saya sebagai salah satu bintang kaleido.
Terima kasih atas bimbingannya dalam merawat pitahaya atau night blooming cereus.
Terima kasih untuk coretan-coretannya di catatan harian.
Terima kasih telah memberikan saya selembar foto vanila-chocolate berbingkai black and white.

Terima kasih untuk kawan-kawan saya. Dengan Sangat.

Nah, kalau ceritamu gimana?

26 responses to “2003 versi 80.0.2JL

  1. Maaf, proses editing sedang berlangsung. Harap protes!😀

  2. 2003 kau baru masuk sma?

    hmmm

    cerita saya??

    panjang ah… di blog sendiri ajah😆

  3. huhu, lagi rajin nulis neh? wakakak

  4. salam kenal yaaa, wah tulisannya panjang banget….🙂

  5. hm…m.. ha..ha.. :senyum: … :senyum: …

  6. wahhh….cuma cerita toh, aku kira apa,,,dueng…dueng…
    ya cerita soal diriku, mungkin penuh petualangan,,,,,weahh😀 tp bukan tarzan lohh wakakakak😀 Upz, mf kelewatan… yois tuk ceritanya Emmm!!!…..
    lumayan😀 dapet nilai C,😀 yah kamu tahu sendiri knp?

    so untuk kamu :
    _____________________________________________________________

    Kehidupan…

    Memang kehidupan itu penuh warna
    Ada suka, duka dan canda
    Seiring masa yang ada
    Bukan berarti hamba lupa pada Sang Esa

    Satu sisi yang pasti
    Dengan semua kejadian yang terjadi
    Ada makna yang tersembunyi
    Itulah kuasa sang Illahi Rabbi

    Ya Allah, hidupku dan matiku Engkaulah yang tahu
    Tak ada satupun, orang yang tahu
    Di setiap sisi ku, aku selalu bermunajat pada-Mu
    Hingga jalan hidupku
    Kupasrahkan pada-Mu.

    ____________________________________________— B4mz—________

    Luluh ku akan keagungan nama-MU
    Untaian doa tak terlepas dari ucapku
    Titian hidupku, ku pasrahkan pada-MU
    Fitri insan tercipta atas karunia-Mu
    Ikatan janji yang terpatri ditangan*-Mu
    Atas rahmat-Mu terimalah do’aku
    _____________________________________________—B4mz–________

    itu bkn puisi karena aku bukan puitis
    apa lagi pantun yang mendayun
    itu sekedar simpati dari hidup yang realitis
    tapi jg bukan hasil melamun

    .. jadi apa yahh???😀

    wah jadi gatot kaca makan kerupuk = ngacapruk😀

    ________________________ Soryy, kepanjangan😀 __ ______

  7. Upz, hampir lp, sl nilai, aku cm brcanda ko….
    sl C ( CukuP ) buat ku kehidupan berkecukupan memang CukuP menyenangkan, cz sesuai porsinya….wealah.. jadi ngelantur gini…yois,permisi….Wassallam.

  8. # natazya😀 weleeh… ditunggu kisah-kisahnya ya mbak..😀

    # andy
    andy? andy tenario? ini beneran kamu ya? kemana ajaaa…??? kok gak pernah nge-blog lagi sekarang? kangen juga sama tulisanmu.
    Lumayanlah dy, sebulan sekali… hahaha…

    # gsgmastal😀 iya, paaaaaanjang dan laaaama… mirip coki-coki.. tapi gak kayak wafer, berapa lapis? *sambil ngulum permen cokelat, capilanos*

    # sayur asem
    eeeh, mas say ketawa… *berdiri, menundukan kepala sambil nyampu biar gak kelihatan wajahnya yang memerah..*

    # bamz
    hahaha.. lha aku malah lebih panjang lagi..

  9. Kalau saya sering terpukau sama angka sembilan.

  10. # rafki rs
    ow! sembilan…
    sembilan juga bagus. konon menurut peradaban cina sembilan sering dikaitkan dengan keberuntungan dan disimbolkan dengan burung phoenix dengan 9 anak ayam. ngomong-ngomong soal sembilan.. jadi ingat cerita naruto, bijuu, rubah berekor sembilan (kyuubi) yang diceritakan paling kuat diantara bijuu-bijuu lainnya.😀
    Keren!

  11. Miawww…Ceritanya panjang banget…heeeee

    btw blog u udeh gw taruh di di website gw…

    Salam,,,

    M1
    (http://m1design.mawan.ind.ws —soon) klo mau buat website murah kontak gw di mawan@daxa.net

  12. # mawan
    weleh.. makasih ya…
    emang kepanjangan kayaknya.. dan nyatanya juga panjang hahaha…

    btw, itu murah harganya berapa…😀

  13. begitulah teman itu..selalu terkenang .🙂

    @sayur : rak yo ngono tho yurr ?

  14. hemm. panjang bener tulisannya,,.
    tapi menarik juga untuk dibaca..

    oiya, ga bikin buku ja sekalian???

  15. Wuaduh……. So confuse yak?
    Ra mudeng saya…
    Hiks….. daripada gak kasih komen..
    Salam, AP

  16. # regsa
    iya mas, alhamdulillah sejahat-jahatnya saya ternyata mereka pengertian.. Btw, itu soal tantangan… tantangannya sampeyan sudah saya laksanakan.. aiiih perih waktu itu.. makasih ya..

    # sule
    iya nieh mas.. parah juga… ini postingan terpanjang yang saya pernah punya buat tahun 2008 ini..
    wah! kalau saya bikin buku gak yakin laku.. hahaha…

    #blog bisnis
    salam kenal juga ya..😀
    makasih udah mampir..

    #blackbone
    weleh? saya kelihatannya ndak ada maksa sampeyan ngasih komen lhooo… (tapi yang gak kelihatannya?) hahaha… makasih ya komennya..

  17. @regsa: so wish… *hoekk*😛

  18. ..wah.. perjalanan hidup yang seru dan mengasyikkan.. eh, gank cewek ? .. apa kayak ‘NERO’ ?… hiiii..seraaamm…🙂

  19. lima tahun yang lalu aku masih seumuran kamu …🙂 .. apa kabar ..?

  20. # sayur asem
    tidaaaaakkk!!!! jangan muntah di sini.. saya malas nge-lap muntahanmu..😀 :p

    # ariefdj
    makasih lhoo..
    ooh ndak kayak Nero kok bang. Tapi kayak Alcohol 120%😀

    # rori
    oh ya? kalau gitu selamat..😀
    sehat, alhamdulillah.. kabarnya gimana juga, mas ror? sehat?

  21. hidup penuh mistery…
    kita hanya menjalaninya… disana tersimpan makna dan hikmah bagi orang2 yang mengambil pelajaran dari pengalaman kehidupannya…

    hidup adalah pilihan…
    kita selalu dihadapkan oleh pilihan2 yang harus kita ambil dan kita putuskan dalam menjalaninya…

    intronya boleh juga… angka… penambahan literatur menambah unsur aksen intelektualitas didalamnya

    angka LIMA…
    katanya jika seseorang yang menyenangi angka sama dengan yang seseorang lainnya, kemudian ketemu, atau berkenalan rasanya ngobrolnya lebih nyambung.. ngeclick gt.. ini katanya…
    pengalamanku sih iya… coba aja iseng tanyai temen2mu ada yang seneng angka 5 juga gak diantaranya… kemudian rasakan bener atau nggak didalam interaksimu… tapi ini masih mitos…

    ingatanmu kuat juga ya… dalam arti begitu mengingat nama2 tokoh, teman2mu dalam perjalanan 5 tahun.. biasanya manusia itu mengingat nama orang2 yang pernah berbuat jahat atau tidak baik dalam kehidupannya…

    Hmm… high-temper… katanya orang yang pemarah adalah orang yang pemaaf…
    ” tipe pengejar prestasi bersayap tipe romantis, cenderung lebih introspektif, sensitif, artistik, imajinatif, dan pamer”
    Leonardo Da Vinci tipe orangnya kayak gini gak ya..? heheee..

    kamu sudah mencari tahu tipe diri kamu… itu bagus sekali… itu harus… dari situ, kamu dapat mengukur langkah-langkahmu dalam proses melakukan gawean besar… rencana & antisipasi
    where is your limit.. kenali dirimu…

    Ooops.. kok kayak kritikus /komentator acara idol-idolan Reality Music TV show…

  22. # deddy d
    hehehe.. ketahuan deeeh saya…😀
    ah, ndak juga, ingatan saya gak sekuat itu, buktinya yang tulisannya bawa-bawa namamu itu salah datanya wahahaha… bukan jebolan maxgain.. nanti saya ralat ya…

    sebenernya saya sukanya sama angka 13, angka 5, 8, dan 9 cuma sebagai pelengkap. angka 13 sering dipandang negatif padahal enggak, yang bawa aura negatif yang sebenernya itu angka 4. sampeyan suka angka berapa? kok kayaknya kalau kita ngomong, saya sering gak nyambung ya?😆

    eh, ndak apa-apa kok…
    mau kayak meutia hafidz juga oke…😉

  23. anonymostofthetime

    “… tentang petengahan tahun 2003 …”

    where’s the “r” ?

    simple things that bound to be easily forgotten..
    just like.. “me”

  24. # anonymostofthetime
    “r” ??? siapa tuh? “ra” “ro” “ri” “re” “ru”?? sudah lupa tuh…😆 mungkin lain kali saya bisa nyisipin sedikit. masih maintenance..😉

Jangan malu-malu ngasih tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s