Perhatian: Anda Dilarang Tertawa!


Salam meow! Sudahkah tertawa hari ini? Setiap hari, setidaknya anda harus tertawa satu kali. Tertawa diyakini sebagai salah satu resep ampuh awet muda. Gimana enggak?! Dengan tertawa satu menit saja, anda sudah mengobati stress, nyeri otot, meningkatkan imunitas tubuh, dan mengatasi bad mood. Bahkan, keuntungan tertawa adalah dapat mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh anda. Jadi, jika ada teman anda yang sakit, buatlah ia tertawa setiap hari, maka ia akan cepat sembuh dan menjalani hari-harinya dengan semangat. Namun, jika orang-orang di samping anda cenderung membuat hidupmu datar, anda bisa mulai tertawa saja baik ada yang lucu atau tidak, yang penting mulailah tertawa selepas-lepasnya! Percaya atau tidak, ketika anda mulai tertawa, otak tengah akan menangkap sinyal yang akan diteruskan ke hyphotalamus, atau daerah otak yang dapat melepaskan dopamine. Dopamine merupakan komponen utama pada otak yang berpengaruh terhadap sense of happiness. Dopamine dapat diaktifkan dengan tertawa. Saya sangat setuju dengan jargon, “tertawalah, sebelum tertawa itu dilarang.” Namun, jangan salah lho, tertawa secara berlebihan atau over laughter bisa menimbulkan efek samping ringan sampai yang mengancam hidup anda. Tapi, kali ini saya tidak akan memaparkan efek samping dari tertawa. saya akan menerangkan dalam kondisi apa saja, anda tidak boleh tertawa.

Jangan tertawa saat anda tenggelam! Anda lagi gak ngetawain saya kan? Soalnya saya serius lho. Jangan dikira tidak mungkin ada orang yang bakalan ketawa waktu tenggelam di laut atau kolam renang. Cara seseorang mengekpresikan rasa panik, gugup, atau ketakutannya berbeda-beda. Ada yang langsung teriak, menangis, bahkan tertawa terbahak-bahak. Nah! Saya termasuk salah satu orang yang mengekspresikan ketakutan, kepanikan, dan kegugupan saya dengan ketawa duluan. Pengalaman saya dulu waktu digonggongin anjing sekampung pas mau pergi ke rumah kakak, saya malah ketawa terpingkal-pingkal sambil teriak tolong. Alhasil, sang pemilik anjing yang tadinya mau nolongin saya, jadi balik badan gara-gara lihat saya ketawa-ketiwi. Coba bayangkan kalau saya pas tenggelam di laut, tapi saya malah ketawa. Apa jadinya?!

Situasi kedua dimana anda tidak boleh tertawa sama sekali adalah saat upacara pemakaman. Saya yakin, anda tahu etika yang satu ini. Tapi seseorang yang emosinya lagi dipuncaknya, biasanya bisa tiba-tiba tertawa. Oleh karena itu, jika anda ingin tertawa, sebaiknya hindari saat upacara pemakaman berlangsung. Di samping tidak sopan, tertawa saat upacara pemakaman berlangsung dapat menimpulkan pandangan yang negatif baik untuk anda maupun orang yang dimakamkan.

Selanjutnya, sebaiknya anda menahan keinginan anda untuk ketawa, saat anda lagi berantem. Ketika anda lagi berantem sama teman anda di tempat umum, terkadang ada orang yang ikut nimbrung dan melontarkan opini konyol atau absurd. Kekonyolan tersebut dapat merangsang otak anda untuk memberikan perasaan lucu, bahagia, dan ingin tertawa. Namun, jika anda tertawa saat lawan bicara lagi marah, ia bisa saja tersinggung dan merasa diremehkan. Atau parahnya, jika anda menertawai kebodohan anda sendiri, hal tersebut bisa dijadikan senjata bagi lawan anda untuk menjatuhkan dan menyudutkan anda. Jadi, kalau gak mau dikata-katain gara-gara keteledoran anda sendiri pas lagi berantem, sebaiknya tahan keinginan anda buat ketawa ya.

Terakhir, jangan tertawa saat anda melihat atau mendengar musibah. Jika anda tertawa terpingkal-pingkal saat mendengar atau melihat suatu musibah, kata Bang Haji Rhoma Irama, “sungguh ter-la-lu!” Anda benar-benar tega. Memang sieh, kadang seseorang yang tertimpa musibah karena kekonyolannya sendiri, dan bagi beberapa orang, yang mereka tertawai bukanlah nasibnya, melainkan tingkah konyolnya. Tapi, anda perlu hati-hati, gak semua orang merasa lebih baik saat melihat seseorang tertawa karena musibahnya. Ada saja orang yang malah merasa sakit hati dan semakin meratapi kemalangannya saat mengetahui reaksi kamu, yang ngetawain dia. Jadi, untuk menghindari kesalahpahaman, sebaiknya kamu harus bisa memilih waktu yang tepat untuk tertawa. Karena tertawa juga ada aturan mainnya.

 

Wikipedia: D’Ari Pouyat, generally known as D’Ari, is a Canadian rock singer, currently the primary singer, songwriter and guitarist for Canadian band Nine Mile. โ†’

7 responses to “Perhatian: Anda Dilarang Tertawa!

  1. Nyiahahahaha… Tak diragukan lagi, tertawa adalah obat anti galau! Yuk mari kita mulai tertawa bareng dengan nada dasar E!
    E…..hehehehehe

  2. *senyum-senyum dikulum*

  3. untung saya baca post ini gak waktu pemakaman…..

Jangan malu-malu ngasih tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s