Tips Bikin Buku Best Seller


Cemburu ngelihat buku teman anda terbit duluan? Bete tulisan anda ditolak terus-terusan sama pak editor? Anda lemah, letih, lesu ngelihat stock buku anda terus-terusan nginep di gudang? Pengen makan ati waktu denger ada yang mencela tulisan anda? Stop! Jangan diteruskan. Meratapi nasib buku anda yang gak laku-laku akan memperburuk kesehatan dan menurunkan semangat. Saya setuju jika ada yang mengatakan, menulis buku itu mudah tapi menerbitkannya sulit. Kemudian, jika buku anda sudah terbit, sebaiknya anda tidak berdiam diri saja menunggu kutu-kutu merayapi buku anda. Ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mendongkrak popularitas sampai akhirnya disematkan label best seller:

Tips yang pertama, sebelum ngirim naskah anda ke penerbit, sebaiknya anda memahami momentum atau event-nya. Misalnya, anda baru aja selesai nulis novel remaja yang memotivasi mereka untuk semangat melanjutkan sekolah. Akan lebih baik jika buku anda bisa diterbitkan sekitar bulan desember atau januari, karena terdongkrak oleh moment tahun baru dan persiapan ujian nasional. Tapi, jika anda tidak sabar menunggu, anda bisa saja mencari peluang dengan melihat trend. Ada kalanya pembaca jadi jenuh karena buku yang dijual rata-rata temanya itu-itu saja, maka anda bisa gunakan peluang tersebut untuk melakukan penyegaran. Selain itu, pastikan tulisan anda unik, beda, menarik, dan mampu menggeret pembaca masuk ke dalam cerita.

Kalau buku belum terbit juga, padahal temanya udah mau basi, rajin-rajin kirim sms cinta ke pak editor. Tentunya pertanyaan dan obrolan anda nyerempet-nyerempet ke naskah yang masih digantung nasibnya, ya. Wahai penulis, jangan minder, malu, pasrah, gengsi, atau sok gak butuh pendapat bapak kepala editor. Pihak penerbit akan lebih senang menerima calon penulis yang aktif. Beranikan diri untuk bertanya tentang kekurangan naskah anda. Setelah anda tahu, segera perbaiki. Dengan catatan, anda harus benar-benar memahami keinginan dia, karena jika tidak, naskah anda akan berakhir di direktori recycle bin milik anda sendiri. Jangan sungkan untuk menceritakan maksud dari kalimat yang anda tulis, demi mempertahankan ide cerita.

Ini dia, bagian yang saya tunggu-tunggu dari tadi untuk membeberkan trik utama buku best seller. Lakukan promosi seheboh yang anda bisa. Promosi bisa dimulai dari pasang status di facebook atau twitter, sampai ngajuin proposal seminar bedah buku di universitas atau mall. Buang jauh-jauh pikiran anda tentang syarat buku yang layak untuk dibedah. Tunjukkan kepada tetangga, saudara, teman-teman, atau komunitas anda tentang buku yang baru saja anda terbitkan. Jangan merasa sayang untuk menyumbangkan buku anda ke perpustakaan. Buat ringkasannya dan posting ke blog atau google books. Kalau mampu, hubungi acara talk show di TV atau radio untuk membantu anda mempromosikan. Bius ketidakpedean anda, kumpulkan semangat dan terus promosi. Coba deh pikirkan, bagaimana semua orang di kota anda bisa tahu ada buku bagus mejeng di rak buku, kalau anda gak promosi? Sebaiknya jauhi orang-orang yang memberikan pendapat negatif tentang ide-ide anda untuk promosi, karena mereka cemburu atas kesuksesan anda. Karena mereka kuatir buku anda akan lebih laris dari buku terbitan mereka! Oh tentu saja, mereka akan bilang pendapat saya ini ngawur dan berlebihan, karena kalau saya jadi mereka, yang menghambat langkah anda untuk promosi, gak bakalan ngaku. Jadi, promosi terus!

Terakhir, jika masih saja kekurangan pelanggan, sebaiknya anda buat cerita sequel dari buku sebelumnya. Menurut saya, mindset anda keliru total, jika anda berpikiran cerita sequel atau trilogi anda akan semakin tidak laku, mengingat karangan pertamanya tidak menguntungkan. Seharusnya, sambungannya lebih menarik daripada cerita awalnya. Perhatikan kritik masyarakat mengenai karangan pertama anda, agar sambungannya menjadi lebih segar dan bikin penasaran. Komentator yang akan bilang tulisan anda membosankan, kaku, bertele-tele, dan gak mutu akan datang sendiri. Oleh karena itu, berusahalah untuk memahami alasannya dengan lebih detail. Selain itu, cobalah untuk tidak memaksa pembaca untuk mengkritik atau memuji hasil karya anda, karena tindakan tersebut sangat mengganggu dan menyebalkan. Akan lebih bijaksana jika anda merespon dengan positif atau cukup dengan mengucapkan terima kasih.

Selamat berkarya dan semoga cepat best seller. Salam meow!

 

2 responses to “Tips Bikin Buku Best Seller

  1. tips yang motivatif… i do like it!

Jangan malu-malu ngasih tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s