Tetep Sehat Dan Segar Saat Puasa


Tinggal hitungan hari lagi, udah waktunya puasa. Horeee! 38 hari lagi lebaran. saya jadi bisa ngicipi semangkuk hangat Sop Tulang Iga buatan ibu dan Soto Banjar buatan tante saya. Perlu diakui untuk memakan hidangan tersebut tidak perlu menunggu lebaran. Tapi, bagi keluarga saya, hanya saat lebaran lah kedua hidangan tersebut jauh lebih nikmat. Dan beberapa teman saya juga mengakui hal tersebut. Mereka bilang, gak ada opor ayam gak asik. Sedangkan, bagi teman saya yang saat ini sedang studi di Semarang mengatakan, “gak ada Nasi Gandul, gak lengkap.” Setiap orang, memiliki caranya masing-masing untuk menikmati moment lebaran. Namun, untuk mencapai hari raya yang satu ini, perlu perjuangan menahan nafsu sebulan penuh. Lumayan berat, karena selama 12 jam, dimulai dari adzan subuh hingga adzan maghrib, orang yang berpuasa dilarang makan dan minum, serta diuji kesabaran dan keimanannya.

Saya yakin, anda pernah dengar bahwa, saat bulan puasa setan dikekang, dirantai, diborgol, dipenjara, dan jika perlu dipasung. Ternyata, bisikannya masih bisa didengar dan bisa mempengaruhi hati. Misalnya, saat sedang tidak berpuasa, kalau saya ngambek, biasanya kuat gak makan dan minum seharian penuh bahkan tahan 24 jam. Lain halnya saat puasa, tidak peduli berapa jam saya tidak minum, rasanya kerongkongan kering, panas, dan gatal. Hal yang sama juga dialami oleh beberapa rekan kerja saya. Terutama bagi perokok, mulut rasanya asem dan kecut-kecut gak jelas, sehingga pelampiasannya dengan cara rajin mandi, gosok gigi, dan kumur-kumur. Selain itu, kerjaan serasa lebih berat dan melelahkan. Tidak sedikit orang yang jadi sakit di bulan puasa, sehingga merasa lebih baik membatalkan puasanya atau tidak berpuasa sama sekali. Nah, coba deh tips berikut ini:

Pertama, cobalah untuk olahraga setiap pagi, seperti lari pagi, jalan cepat, senam, atau beres-beres rumah hingga berkeringat. Karena keringat bisa membantu anda memperlancar peredarah darah, mengeluarkan racun, dan menurunkan stress. Jika anda menganggap aktivitas yang lain lebih berharga daripada berolahraga, coba deh anda memikirkan hal-hal yang menjengkelkan, sehingga anda tidak dapat mengontrol kemarahan anda. Ketika anda stress atau marah, maka suhu tubuh akan meningkat. Jika anda melakukannya di dalam ruangan tanpa AC dan tidak membuka jendela atau pintu, maka anda akan mandi keringat.

Kedua, ketika anda sahur, sebaiknya lebih banyak minum daripada makan. Karena akan lebih sulit menahan haus daripada lapar. Hasilnya akan lebih bagus jika anda memperbanyak minum air putih. Sepengalaman saya, minum air dingin atau air hangat bisa membuat tenggorokan saya gatal dan kering. Oleh karena itu, saya lebih suka menyimpan air di teko dan tidak menyalakan dispenser.

Ketiga, saat berbuka puasa, sebaiknya berbukalah dengan makan sayuran rebus dan meminum air rebusannya terlebih dahulu, sebelum menyentuh makanan lainnya. Bagi anda mungkin terlihat kasihan karena terkesan ngirit sekali. Tapi, selama 19 tahun saya menjalaninya di bulan puasa, saya jadi lebih energik dibandingkan teman-teman saya yang lainnya. Malahan gara-gara hal tersebut, mereka sering mengira saya tidak berpuasa. Selain itu, berat badan saya juga terkontrol. Tidak mendadak kurus atau menggemuk seperti Jaiko, adik perempuan Giant di serial kartun Doraemon.

Nah! Selamat mencoba dan selamat menjelang bulan puasa.

Jangan malu-malu ngasih tanggapan

