30 Menit Menuju Liputan 6 Award 2013. Pak SBY, Sudah Sampai Mana Ya?


Een Sukaesih adalah salah satu kandidat peraih penghargaan Malam Anugerah Liputan 6 Award 2013 untuk kategori pendidikan. Ini adalah pertama kalinya saya mendengar tentang Een Sukaesih. Saya ingin sedikit berbagi tentang beliau.

Detik-detik kedatangan Een Sukaesih ke Kota Jakarta diabadikan dalam video berita terkini liputan6.com. Beliau adalah seorang guru di Sumedang, Jawa Barat, yang hidup dengan keterbatasan fisik, tepatnya ia mengalami disability. Namun, semangatnya luar biasa. Ia tidak mengeluh karena sebelah matanya diburamkan katarak. Ia masih terus mengamalkan ilmunya, berbagi apa saja kepada para murid, walau harus disampaikan sambil berbaring karena tangan dan kakinya lumpuh.

Bagaimana saya bisa tidak terinspirasi, setelah melihat semangat hidup Een Sukaesih. Dengan semua aktivitas yang ia lakukan, semata-mata untuk menunjukkan bahwa penyandang cacat pun masih bisa melakukan banyak hal untuk terus melangkah maju, tanpa putus asa atau berkecil hati.

Ketulusan Een Sukaesih baru saja mengingatkan saya kepada Syeikh Abdur Rahman As Sudais, seorang imam di Masjidil Haram sekaligus Hafiz, penghafal Qur’an, yang memiliki nasib serupa, yaitu disability. Imam Sudais menolak untuk bersekolah di Sekolah Khusus Penyandang Cacat, karena ia tidak pernah sedikitpun beranggapan demikian. Baginya, ia hidup normal layaknya saya, dan baik-baik saja.

Imam Sudais berprinsip, “orang buta adalah orang yang tidak bisa menyempatkan diri membaca Qur’an. Orang bisu adalah orang yang tidak menggunakan lisannya untuk berdzikir. Orang tuli adalah orang yang tidak bisa mendengar adzan, sehingga ia tidak sadar apakah adzan sudah berkumandang? Orang lumpuh adalah orang yang tidak mau mendirikan shalat. Dan orang bodoh adalah orang yang tidak mengaji dan menyiarkan ajaran Islam.”

Semoga keinginan Een Sukaesih untuk bertemu dan menjabat tangan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhono tercapai malam ini. Gajah mati, meninggalkan gading. Harimau mati, meninggalkan belang. Manusia mati, meninggalkan karya. Jangan pantang menyerah dan terus berkarya!

Saya Mew da Vinci, melaporkan berita hari ini dari gelanggang video liputan6.com. Salam Miaw!

Jangan malu-malu ngasih tanggapan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s